POLITICS

PDIP Konsisten Dukung Ganjar Pranowo untuk Jawa Tengah

Selasa, 10 Oktober 2017

Indonesiaplus.id – PDIP panik melihat sejumlah partai berkoalisi untuk mengusung calon kepala daerah. Mislanya, di Jawa Tengah (Jateng), Sudirman Said yang mengaku didukung PAN dan Gerindra, akan merekrut 5 ribu relawan demi merebut kursi gubernur.

Sebagai incumbent PDIP justru masih disibukkan dengan penjaringan calon. Sejumlah kepala daerah dan mantan kepala daerah seolah saling bersaing untuk mendapatkan rekomendasi sang ketua umum partai berlogo kepala banteng moncong putih itu. Bahkan, yakin jika Megawati Soekarnoputri akan memberikan dukungan.

Politisi PDIP, Aria Bima mengaku tak mempedulikan langkah yang dilakukan oleh sejumlah lawan politik tersebut. PDIP konsisten untuk fokus menyelesaikan tugas kepemimpinan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah.

“Mandat rakyat yang diberikan kepada pak Ganjar Pranowo baru selesai 2018. PDIP tetap konsisten menyelesaikan mandat ini. Dari mandat rakyat yang diberikan 4 tahun lalu ini harus diselesaikan dulu. Masih ada 1 tahun, jadi PDIP tidak akan reaktif melakukan sesuatu yang terlalu cepat. Apalagi hanya sekadar memikirkan untuk mendapatkan jabatan lagi untuk periode berikutnya. Konsentrasinya, dibereskan dulu untuk mandat yang 5 tahun ini,” ujar Aria Bima di sela Dialog Empat Pilar Kebangsaan bersama DPD KNPI Sukoharjo, di Solo Baru, kemarin.

Terkait proses penjaringan gubernur, PDIP, sudah melakukan beberapa kali. Hal tersebut sudah ada pembakuan proses pengambilan keputusannya. Dia menegaskan, PDIP tidak akan reaktif karena partai lain atau calon lain sudah melakukan kampanye.

“Sah-sah saja di era sekarang. PDI Perjuangan akan tetap sesuai dengan road map, step-step kapan penjaringan dan keputusan, dan akan diumumkan secara serentak baik gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota yang pilkada serentak. Tidak bisa diumumkan satu per satu pating clebung. Karena kita punya sistem yang sudah baku,” tandasnya.

Untuk Jawa Tengah, selain mendukung Ganjar Pranowo sampai selesai, PDIP juga melakukan konsolidasi dengan semua kader partai. Terutama di jajaran struktural partai di Jateng agar lebih solid. Termasuk mempersiapkan penataan pengurus hingga anak ranting. Karena dukungan struktural partai di Jawa Tengah sudah terbukti dan teruji beberapa kali pilkada.

“Saya kira soliditas partai lebih penting daripada sekadar bicara siapa calonnya. Kalau soliditas partai sudah kuat, didukung beberapa kader-kader PDI Perjuangan yang di eksekutif di Jawa Tengah, dimana kita punya 21 kepala daerah, nampaknya, siapapun termasuk Aria Bima aja jadi kok,” tandasnya.

Peluang Ganjar Pranowo, Bima menjamin peluangnya besar, selama tidak ada hal yang menyangkut resistensi publik. Peluang Ganjar Pranowo itu tidak ada hal yang menyangkut resistensi publik, jarang PDI Perjuangan itu tidak mencalonkan kandidatnya untuk yang kedua kalinya. Baik yang menyangkut dukungan struktural maupun dukungan publik lewar survei.

“Dalam waktu dekat PDI Perjuangan akan mengumumkan secara bersamaan seluruh kandidat yang direkomendasikan untuk pilkada 2018,” pungkasnya.[Mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close