POLITICS

Milad ke-108, Anies: Jadilah Selalu Terdepan Majukan Umat dan Bangsa

Indonesiaplus.id – Pada Rabu (18/11/2020), Perserikatan Muhammadiyah milad ke-108. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut 108 tahun telah menorehkan tinta emas dalam perjalanan bangsa dan umat di Indonesia.

“Usia bertambah semakin menunukkan Perserikatan Muhammadiyah telah mampu kontribusi secara berkelanjutan. Dari mulai bidang kesehatan, pendidikkan, kepemudaan, sosial-budaya, dan begitu banyak lagi,” ungkap Anies melalui video yang diunggah Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta, Rabu (18/11/2020) malam.

Perserikatan Muhammadiyah, kata Anies, telah menerjemahkan pendekatan modern dengan pondasi nilai-nilai keislaman yang memberikan manfaat bagi umat lewat aktivitas di berbagai bidang.

Apresiasi Anies untuk perjalanan 108 tahun dalam perjalanan yang patut dibanggakan. Terlebih, semangatnya adalah sebuah gerakan. Dengan semangat gerakana ini, semua terlibat, semua dipancing untuk memberikan kontribusinya yang terbaik.

“Muhammadiyah mampu membaca perubahan zaman, berantisipasi atas perubahan, sejak awal merupakan contoh bagi kita semua. Insya Allah bukan hanya memiliki catatan di masa lalu yang gemilang, tapi terus-menerus menjadi yang terdepan di dalam memenangkan perubahan zaman,” katanya.

Misalnya, kata Anies saat ini, ketika Indonesia mengalami masa pandemi Covid-19, Perserikatan Muhammadiyah memilih mengambil peran aktif untuk terlibat dalam penanggulangan pandemi, sesuai dengan tema milad tahun ini ‘Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri’.

Usia panjang akan membuat banyak menengok ke belakang. Sesungguhnya, usia panjang memberikan tanda bahwa perjalanan ke depan masih sangat panjang.

Menjadi muda, tua, tidak ditentukan oleh hitungan tahun, tapi orientasi. Kalau orientasinya ke masa lalu, maka sesungguhnya sudah tua. Tapi kalau orientasinya ke masa depan maka tetap muda.

“Maka, jadilah perserikatan tetap muda. Jadilah perserikatan yang selalu melihat ke depan, membuat terobosan, melahirkan inovasi, sehingga Insya Allah menjadi terdepan dalam memajukan umat dan memajukan bangsa,” harap Anies.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close