POLITICS

Lockdown, Komisi I DPR: Pekan Depan Gelar Uji Kelayakaan dan Kepatutan 33 Calon Dubes

Indonesiaplus.id – Selama dua pekan DPR menerapkan lockdown total menyusul temuan anggota dan pegawai yang positif Covid-19.

Nanti usai lockdown, kegiatan akan kembali dilaksanakan, termasuk uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap 33 calon duta besar (dubes) Indonesia untuk negara sahabat.

Menurut Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid mengatakan, bahwa kegiatan fit and proper test akan dilaksanakan pekan depan, yakni Senin-Rabu (12-14 Juli 2021).

“Untuk hari ini Komisi I menjalankan rapat internal komisi yang memutuskan agenda dan jadwal fit and proper test calon dubes RI untuk berbagai negara sahabat. Mengingat pentingnya mengisi kekosongan perwakilan di masa pandemi untuk efektivitas diplomasi luar negeri,” tutur Meutya dikutip dari akun twitternya @meutyahafid, Rabu (7/7/2021).

Proses fit and proper test akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19, yaitu dengan penyesuaian jumlah anggota, waktu bicara, peserta rapat dan hal lainnya.

“Terdapat 33 calon dubes yang dibagi ke dalam enam sesi rapat di antaranya untuk AS, Australia, Korea Selatan, Arab Saudi, India,” katanya.

Sedangkan, untuk informasi dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyampaikan, 33 calon dubes siap dan berasal dari mancanegara telah tiba di Jakarta untuk tengah mengikuti proses karantina.

“Tentu saja, hal ini juga berdasar komunikasi dengan mitra kami, yaitu Kementerian Luar Negeri (Kemlu),” ungkapnya.[had]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close