POLITICS

Kritik Politisi Gerindra untuk Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Minggu, 22 Oktober 2017

Indonesiaplus.id – Tiga tahun kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Di mata Politikus Partai Gerindra Ahmad Riza Patria memiliki penilaian tersendiri.

Tiga catatan yang harus diperbaiki pemerintah. “Selama tiga tahun ini, catatan kami memang infrastruktur bisa dibilang baik, tapi soal penegakan hukum, demokrasi, dan ekonomi masih merah,” ujar Riza di Jakarta, Minggu (22/10/2017).

Pemerintah, kata Riza, harus memperbaiki tiga hal itu. Namun, Riza pesimistis hal itu terkabul. Pasalnya, pemerintah tak memberikan solusi, malah memperburuk keadaan.

Misalnya, diterbitkannya peraturan pemerintah pengganti Undang-undang (Perppu) tentang organisasi kemasyarakatan (ormas). Penerbitan perppu tersebut jelang tahun politik hanya akan memperkeruh keadaan.

“Diterbitkannya perppu ormas itu masalah substansial yang memberangus hukum, demokrasi, dan hak asasi,” kritik Riza.

Dalam dua terakhir masa jabatan, pemerintah seharusnya melakukan pembangunan dengan cara bijak dan persuasif. Seperti mengajak seluruh masyarakat turut serta, termasuk ormas.

“Paling tidak diajak bersinergi dengan pemerintah dalam rangka pembangunan. Bukan justru mengambil jarak. Apalagi ingin membubarkan,” tandasnya.

Selain itu, semua pihak harus diajak terutama elite politik, untuk bersama-sama menjaga susana bangsa agar tetap damai, tentram, dan kondusif untuk menghadapi tahun politik. “Kami harap juga pemerintah bisa mengambil langkah-langkah terobosan untuk menjaga itu,” pungkasnya.[Mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close