POLITICS

Hentikan Isu Pindah Ibu Kota, PKS Minta Pemerintah Fokus Atasi Papua

Indonesiaplus.id – Pemerintah diminta menghentikan sejenak isu pemindahan ibu kota dan fokus dalam menyelesaikan berbagai persoalan di Papua. Kondisi Papua masih terus bergolak dan sudah sangat serius.

“Persoalan Papua lebih penting untuk diselesaikan terlebih dahulu, ketimbang pemindahan ibu kota. Jangan sampai perhatian teralihkan dengan hal yang tidak mendesak,” ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sukamta di Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Anggota Komisi I DPR RI menilai, keseriusan persoalan Papua tergambar dari berbagai aksi mahasiswa Papua di beberapa Kota Besar, penolakan rombongan Gubernur Papua dan Jawa Timur oleh mahasiswa di Asrama Papua.

Juga, masih dimatikannya jaringan internet menjadi sinyal persoalan Papua telah sampai pada level yang sangat serius.

“Persoalan ini saya kira sangat serius, hanya masih cukup gelap atas apa yang terjadi sesungguhnya mengapa sampai berlarut-larut. Kita minta Pemerintah lebih transparan persoalan Papua,” tandasnya.

PKS menyarankan pemerintah membuat langkah lebih substantif dan cermat untuk menyelesaikan Papua. Berbagai laporan dan riset, persepsi sebagian besar responden masyarakat Papua merasa mendapat perlakuan tidak adil dan merasa dipinggirkan akibat hadirnya pendatang.

“Ini harus dirumuskan pemerintah baik agenda jangka pendek mengembalikan suasana kondusif. Termasuk agenda jangka panjang untuk mengatasi persoalan mendasar yang dirasakan mereka, ” ungkapnya.

Kamis pagi (29/8/2019), berbagai aksi demonstrasi kembali digelar di Papua. Pada aksi unjuk rasa di Jayapura membuat aktivitas di kota itu lumpuh. Listrik di Kota Jayapura dipadamkan untuk mengantisipasi sejumlah titik bangunan yang dibakar massa.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close