NATIONAL

Terpikat Pesona Batik Lima Tokoh Dunia Kenakan di Acara Resmi

Senin, 2 Oktober 2017

Indonesiaplus.id – Hari Batik Nasional diperingati tanggal 2 Oktober setiap tahunnya. Menyusul ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Pesona batik ternyata tidak hanya memikat masyarakat dan tokoh dalam negeri. Di beberapa kesempatan, sejumlah tokoh dunia tampak percaya diri dengan mengenakan budaya khas Indonesia tersbeut.

Berikut kelima tokoh dunia yang tampil pede mengenakan busana batik.

Barack Obama
Batik dikenakan orang nomor satu Amerika Serikat ini dengan bangga. Kecintaan pada batik ini ditularkan dari ibunya yang juga banyak mengoleksi baju batik asli Indonesia. Mengingat dahulu semasa kecil Presiden Barack Obama pernah tinggal di Indonesia.

Saat menghadiri acara East Asia Summit Indonesia 2011 yang diselenggarakan di Bali, Obama juga mengenakan baju batik asli desain Bali dan diproduksi di China bersamaan dengan Presiden SBY.

Bill Gates
Bos dari perusahaan microsoft ini pernah memakai baju batik pada saat kunjungan pertama nya ke Indonesia menghadiri acara Presidential Lecturer featuring Bill Gates 2008 di Jakarta. Bill Gates memakai batik motif pisang bali mangar yang berwarna keemasan.

Nelson Mandela
Mantan presiden Afrika Selatan ini sangat bangga dalam hal berbatik. Hal ini ditunjukkannya pada beberapa kesempatan saat berpergian ke negara-negara lain. Juga saat menghadiri acara The Elders pada tahun 2007 dan saat mengunjungi Ratu Elisabeth II di Istana Buckingham.

Bahkan saat kunjungannya ke Indonesia pada 1997, Presiden Soeharto terkejut melihat Nelson Mandala mengenakan baju batik, sementara presiden Soeharto mengenakan jas.

Vladimir Putin
Presiden dari Rusia ini saat menghadiri puncak acara Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada tahun 2013, juga mengenakan batik yang berwarna hijau.

Carlos Santana
Siaa yang tidak mengenal dengan Carlos Santana yang merupakan musisi legendaris pemain gitar melodi asal Mexico. Dalam bayak kesempatan konser nya carlos sering mengunakan batik dalam motif yang berbeda-beda.

Selain itu beberapa aktor dan aktris dunia juga pernah terlihat mengenakan baju yang dikombinasikan dengan bahan batik.[Sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close