NATIONAL

Rawan Gempa, BMKG: Hanya Kalimantan yang Relatif Aman

Selasa, 16 Oktober 2018

Indonesiaplus.id – Hampir seluruh wilayah di Indonesia berpotensi diguncang gempa, karena dilalui sesar aktif. Hanya Pulau Kalimantan yang diprediksi relatif aman gempa karena tidak terkena jalur sesar aktif.

“Dari Sabang sampai Merauke ada banyak ancaman gempa, kecuali Kalimantan relatif aman. Itu karena akibat sesar, ada sesar darat dan sesar laut, seperti di Palu itu kan sesar di darat,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunam‎i, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono, Selasa (16/10/2018).

Memang hampir seluruh lautan dan daratan di Indonesia dilalui jalur sesar aktif yang dapat menimbulkan gempa. BMKG serta pemerintah sendiri sudah mengetahui dan mengeksposes data-data daerah yang dilalui sesar aktif.

“Rawan gempa hampir di seluruh Indonesia. Sudah ada tim 9 dari beberapa kementerian yang membuat peta rawan gempa dan sudah terekpose, ada beberapa zona, zona merah, zona hijau dan zona kuning,” katanya.

Diakui Triyono, masih banyak daerah yang dilalui sesar aktif yang jadi permukiman. Sebab, daerah-daerah tersebut menjadi perputaran uang bagi masyarakat.

Gempa berkekuatan besar sempat mengguncang dua daerah di Indonesia dalam waktu berdekatan. Pertama, Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tengah (Sulteng) yang menyebabkan ribuan korban tewas.

Ditambah berbagai gempa dengan skala kekuatan sedang mengguncang sejumlah daerah di Indonesia, seperti Situbondo, Jogja, dan daerah di Pulau Jawa lainnya.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close