NATIONAL

Pesawat Rancangan Suyanto Perlu Dukungan Pemerintah

Indonesiaplus.id – Potensi anak negeri untuk membuat pesawat terbang datang dari Suyanto warga Lamongan Jawa Timur, yang kini tinggal di Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Rancangan pesawat Short take off and Landing (StoL) disamping rumahnya itu ditutupi terpal, sehingga warga dan siapapun yang berkunjung ke rumahnya bisa langsung melihatnya.

Sebelumnya, ia pernah kerja di Alaska, Amerika Serikat kepada seorang bos sekitar dua tahun. Dengan didorong semangat yang menyala, ia ingin membuktikan hasil karya sebuah pesawat terbang.

Sudah tiga bulan merancang dengan awak pake bahan Aloy 6061 T6, dimana 80 bahan didatangkan dari China dan 20 persen sisanya dari lokal. Uniknya, mulai dari mendesain hingga merakit dilakukan sendiri tidak seperti pada umumnya menggunakan tim.

Pesawat rancangan Suyanto akan menggunakan mesin mobil Honda Jazz 130 1 poin 5L bertenaga 130HP (horsepower) plus kotak pengurangan Sabuk draive rasio 2375/1 dengan 3 blitz inconel/ SWIRL-2-R DUE Helices,1930 cm.

“Total beban pesawat 550 kg dibawah ketentuan FAA dan Limits LSA, dan Ban yang digunakan ban ATP, pipa yang digunakan tabung baja Kromoli 4130 bahan kaca akrelit ketebalan 2 MM dan 3 MM, diperkirakan kecapatan sekitar 150 km/jam, ” ucap Suyanto ditemui Maman Suryaman wartawan www.indonesiaplus.id baru-baru ini.

Suyanto mengaku untuk melanjutkan rancangan pesawat buatannya menghadapi berbagai kendala, yaitu modal yang sudah menghabiskan Rp 370 juta dan biaya pesawat hingga selesai sekitar Rp 400 juta, operasional pengurusan izin belum bisa, serta terkait dengan take off landing.

“Saya mengajak pemerintah untuk merangkul potensi seperti yang diakukannya sebagai karya anak bangsa yang bisa membangggakan, tapi hingga kini belum ada respon sama sekali dari pemerintahan daerah (pemda) baik kabupaten maupun provinsi hingga pusat,” pungkasnya.[man]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close