NATIONAL

Minggu Malam Mamasa Diguncang Gempa 2,6 Skala Ritcher

Senin, 3 Desember 2018

Indonesiaplus.id – Wilayah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, diguncang gempa bumi berkekuatan 2,6 Skala Ritcher (SR). Gempa bumi tersebut terjadi, Minggu (2/12/2018) malam.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 21.40 WIB dan berpusat di darat, dengan jarak 29 kilometer ke arah timur laut dari Kabupaten Mamasa. Sedangkan pusat gempa berada pada titik koordinat 2,66 derajat Lintang Selatan dan 119,42 Bujur Timur.

“Titik gempa terjadi di kedalaman 24 kilometer,” sebut BMKG dalam laporan resminya.

BMKG mendeteksi guncangan gempa dirasakan lemah oleh masyarakat sekitar dengan Skala Modified Mercall Intensity (MMI) di level II. Belum terdapat laporan kerusakan maupun jatuhnya korban akibat gempa tersebut.

Dalam sepekan terakhir, hampir setiap hari terjadi gempa di Mamasa dengan kekuatan guncangan bervariasi hingga 4 Skala Ritcher, menurut catatan BMKG.

Sebelumnya, dua wilayah di Kepulauan Nias, Sumatera Utara diguncang gempa pada Minggu, 2 Desember 2018 malam. Guncangan gempa di dua lokasi itu berselang tiga jam.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumut, Syahnan menyebut, gempa berkekuatan 3 Skala Richter (SR) menggetarkan wilayah Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan sekitar pukul 20.04 WIB. Sedangkan gempa kedua terjadi pukul 23.20 WIB dengan kekuatan 2,8 SR yang mengguncang Nias Barat.[sap]

Related Articles

Back to top button