NATIONAL

Dirjen: Di Luar Izin CASR, Tak Seorangpun Bisa Masuk Kokpit Saat Terbang

Jumat, 26 Mei 2017

Indonesiaplus.id – Saat pilot sedang bertugas dilarang membawa orang lain masuk ke kokpit tanpa izin saat pesawat sedang terbang. Artinya, orang yang masuk ke kokpit harus memiliki izin otoritas penerbangan.

Izin berdasarkan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) atau Civil AViation Safety Regulation (CASR) 121.547 tentang ‘Admissin to Flight Deck’.

CASR disebutkan bahwa orang yang diperbolehkan masuk adalah kru pesawat, inspektur dari Ditjen Perhubungan Udara, orang yang mempunyai sertifikat khusus seperti personel navigasi penerbangan atau yang telah mendapatkan izin dari pilot in command, AOC certificate holder management dan izin dari Dirjen Perhubungan Udara.

“Selain orang-orang yang sudah disebutkan di atas, tidak seorangpun boleh masuk ke dalam kokpit saat pilot sedang mengoperasikan pesawatnya,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso melalui pernyataan tertulis, Kamis (25/5/2017).

Larangan ini, kata Agus, untuk merespons adanya laporan masyarakat terkait pilot yang membawa keluarganya masuk kokpit dalam penerbangan Lion Air Jt015 pada Selasa (23/5/2017). Selain itu, Agus juga telah memerintahkan petugas terkait untuk menyelidik insiden tersebut.

Selain itu, pihaknya juga berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah melaporkan adanya peristiwa tersebut. Sebab, keselamatan penerbangan bukan hanya tanggung jawab dari personel penerbangan saja tetapi juga dari masyarakat.

“Bukan hanya tanggung jawab personil pernerbangan. Keselamatan penerbangan juga merupakan tanggung jawab kita semua, termasuk masyarakat luas karena menyangkut nyawa manusia. Saya memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada masyarakat yang telah melaporkan kejadian tersebut,” tandasnya.[Sap]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close