NATIONAL

BMKG: Bogor Diguncang Gempa Magnitudo 5 dan 6 Rumah Rusak

Indonesiaplus.id – Wilayah Sukabumi diguncang gempa magnitudo 5 yang terjadi pada Selasa (27/4/2021) getarannya dirasakan sebagian warga Bogor.

Goncangan gempa mengakibatkan 6 rumah di Kampung Babakan, Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor rusak.

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko, ada 6 rumah dihuni 6 KK rusak akibat gempa dan dari jumlah tersebut 1 rumah rusak sedang dan 5 rumah rusak ringan. “Rata-rata kerusakan di bagian dinding mengalami retak,” ucap Aris di Bogor, Rabu (28/4/2021).

BPBD sudah berkoodinasi dengan aparatur desa setempat untuk melakukan penanganan lebih lanjut. Juga, BPBD mengimbau warga yang terdampak untuk berhati-hati dan menjauh dari rumah apabila terjadi gempa susulan.

“Tembok rumah yang akan runtuh sementara ini ditopang dengan bambu dan kayu seadanya,” ucap Aris.

Informasi BMKG, bahwa gempa terjadi pada Selasa pukul 16.23 WIB terjadi pada titik 7.86 Lintang Selatan, 106.87 Bujur Timur, 103 Kilometer Tenggara Sukabumi, Jawa Barat, dengan kedalaman 14 Km, serta tidak berpotensi tsunami.

Goncangan gempa terasa di beberapa wilayah di Bogor. Bahkan, Wali Kota Bogor Bima Arya sempat lari keluar saat merasakan guncangan gempa di kantornya, Balai Kota Bogor.

Pada saat sedang memimpin rapat dan merasakan gempa, Bima berlari ke luar ruangan hingga ke halaman samping gedung Balai Kota.[yus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close