NATIONAL

Beredar Video Thamrin City Dijarah, Warga: Itu Hoax Cuma Bakar-Bakar

Indonesiaplus.id – Di media sosial beredar sebuah video yang diduga aksi penjarahan di Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Selasa (13/10/2020) malam. Namun, polisi di lapangan dan para saksi mata membantah kabar tersebut.

Tidak ada aksi penjarahan di Thamrin City. Tapi kalau aksi bakar-bakar oleh sejumlah massa di depan Thamrin City ada, tepatnya di Jalan KH Mas Mansyur pada Selasa (13/10/2020) pukul 22.30 WIB.

“Sama sekali tidak aksi penjarahan di sini. Cuma tadi massa bakar-bakar di depan,” ucap salah seorang warga di lokasi kejadian, Rabu (14/10/2020) dini hari.

Massa dari kalangan remaja datang dari arah Bundaran HI. Lalu, mereka melakukan aksi bakar-bakar dan menembakkan kembang api di depan Thamrin City. Aksi mereka hanya berlangsung sekitar setengah jam karena berhasil dibubarkan polisi.

“Kejadikannya pukul 23.00 WIB dan ketika aparat datang dengan Baraccuda untuk memukul mundur massa itu. Polisi juga tembakkan gas air mata. Jam 11 sudah bubar mereka semua,” imbuhnya.

Hal itu dibenarkan oleh satu seorang penghuni di Apartemen Thamrin City, juga membantah adanya aksi penjarahan. Ia juga menyebut hanya ada aksi bakar-bakar. “Itu hoax bahwa Thamrin City dijarah. Begitu mudahnya informasi tidak benar tersebar di masyarakat,” ucapnya.

Semenatara itu, Kapolsek Tanah Abang AKBP RM Jauhari membantah informasi terjadi aksi penjarahan di Thamrin City. Namun, ia membenarkan adanya aksi bakar-bakar oleh sejumlah massa. “Saya katakan tidak ada penjarahan,” ucapnya.

Massa berasal dari kawasan Gambir dan Menteng yang sempat rusuh pada Selasa sore. Mereka lalu dipukul mundur oleh aparat dan kabur ke arah Thamrin City.

Aparat juga sudah berhasil memukul mundur massa tersebut dari kawasan Thamrin City. “Sempat ada gesekan dan tembakan gas air mata,” katanya.

Kini, kondisi di Thamrin City sudah kembali aman dan pihak kepolisian talah meminta tokoh masyarakat setempat ikut menjaga kawasan tersebut.

Dari pukul 23.30 hingga Rabu pukul 00.30 WIB kawasan tersebut sudah tak tampak lagi massa yang sempat melakukan aksi bakar-bakar. Namun, yang masih nampak puluhan Polisi dan tentara berbaret ungu mulai kembali ke arah Bundaran HI.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close