NATIONAL

Aktivitas Merapi Tinggi, Semburkan Awan Panas dan Asap Solfatara

Selasa, 26 Februari 2019

Indonesiaplus.id – Teramati aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi. Terus menyemburkan awan panas, juga terpantau asap solfatara setinggi 50 meter dari puncak Merapi.

Merilis informasi dari Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) tentang pengamatan Gunung Merapi periode 25 Februari pukul 00.00 – 24.00 WIB.

Kendati aktivitas vulkanik cukup tinggi, namun statusnya masih Waspada atau level II.

Keberadaan asap solfatara warna putih intensitas tipis dengan ketinggian 25 meter di atas puncak. Pengamatan guguran guguran lava tidak teramati karena cuaca berkabut,” tulis petugas BPPTKG dilansir dari akun Twitter @BPPTKG, Selasa (26/2/2019).

Sedngkan aktivitas kegempaan terpantau puluhan kali. Untuk gempa guguran terjadi 25 kali, satu kali gempa awan panas guguran, dua kali hybrid/fase banyak, dua kali hembusan, dan lima kali low frequency.

“Warga khususnya yang berada di kawasan rawan bencana (KRB) III diimbau tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa, serta selalu mengikuti informasi aktivitas Merapi. Radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk,” tulisnya.

“Pemda dan warga agar mengantisipasi bahaya abu vulkanik. Masyarakat agar-agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi,” imbaunya.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close