HUMANITIES

Mensos Resmikan SKA Kartini Temanggung, Dorong Disabilitas Produktif dan Mandiri

Indonesiaplus.id – Kementerian Sosial RI meresmian Sentra Kreasi Atensi (SKA) BBRSPDI “Kartini” Temanggung, Jawa Tengah. Ini merupakan yang kedua, setelah sebelumnya SKA Bekasi diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Saat ini, Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) “Kartini” Temanggung memberikan pelayanan rehabilitasi sosial dan mewujudkan kemandirian ekonomi.

Dengan kehadiran SKA Kartini, BBRSPDI Temanggung diharapkan bisa memberikan bimbingan sosial psikologis, pelatihan vokasional dan pembinaan kewirausahaan.

Para Penerima Manfaat (PM) dari penyandang disabilitas diberikan pendampingan dan penguatan untuk kegiatan kewirausahaan melalui usaha kafe, galeri, laundry dan serta berjualan di toko kelontong.

Di galeri SKA berbagai produk hasil karya disabilitas bisa dipromosikan dan dipasarkan secara luas kepada masyarakat. Juga, mereka diberdayakan sehingga mereka mampu memenuhi kebutuhan dan menjalankan perannya sebagai warga masyarakat.

Berbagai produk penyandang disabilitas hasil karya Shelter Workshop Peduli dari 30 unit sudah tersebar di 23 Kabupaten dan dipasarkan serta dipromosikan melalui galeri atensi Kartini tersebut.

Peresmian SKA BBRSPDI “Kartini” Temanggung dijadwakan langsung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi pejabat Eselon 1 di lingkungan Kemensos, Jumat (5/3/2021) siang.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close