HUMANITIES

Kemensos Salurkan Santunan Kematian 3 Korban Tanah Longsor di Kabupaten Kebumen

Indonesiaplus.id – Kementerian Sosial menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris korban meninggal akibat tanah longsor di kawasan perbukitan di Desa Kalijering, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen pada Selasa (9/2) sekitar pukul 18.30 WIB longsor menimpa empat rumah warga.

Akibat longsor tersebut tiga korban hilang diduga tertimbut longsoran, yakni Jemarun (48), Doniatun (46) dan Tarsinah (60).

Tim SAR gabungan telah menemukan dua dari tiga korban longsor dalam kondisi meninggal dunia, Rabu (10/2/2021). Keterangan petugas desa menyatakan, korban atas nama Tarsinah ditemukan sekitar pukul 06.30 WIB, lokasi temuan berjarak sekitar 100 meter dari rumah korban.

Kemudian korban kedua atas nama Doniatun ditemukan tidak jauh dari penemuan korban pertama pada pukul 14.20 WIB. Kementerian Sosial menyalurkan santunan kematian kepada ahli waris dari tiga korban meninggal.

Santunan kematian disampaikan langsung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini kepada keluarga korban di kantor Desa Kalijering sebesar Rp45. 000.000.

“Kami turut berduka cita dan perihatin dengan bencana ini. Kami berharap keluarga tabah menghadapinya. Kepada muspika setempat saya berharap ke depan bisa diantiisipasi. Kalau memang lokasinya rawan untuk dihuni sebaiknya mencari lokasi lainnya, ” katanya.

Dalam hal penanganan bencana, Risma berpendapat merupakan tugas bersama antara pemerintah pusat dan daerah. Dalam kesempatan bertemu dengan warga Desa Kalijering, Mensos menyempatkan menghibur anak-anak dengan bernyanyi bersama.

Kepada masyarakat setempat yang terkena bencana longsor, Kemensos juga menyalurkan bantuan logistik sebesar Rp46.000.000 dan Bantuan beras 4000 kg senilai Rp42.172.000.

Sehingga bantuan total Kemensos untuk bencana longsor di Kabupaten Kebumen sebanyak Rp133.172.000.

Mensos dan rombongan juga bergerak ke arah Demak, untuk menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Desa Kalisari, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

Sama dengan kesempatan sebelumnya, Mensos juga membagikan perlengkapan yang dibutuhkan pengungsi. Tampak Mensos dan para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) setempat bergerak melintasi genangan air untuk menjangkau rumah-rumah warga.

Total bantuan yang disalurkan Kemensos untuk korban banjir di Kabupaten Demak sebesar Rp 252.764.600. Yakni terdiri dari makanan siap saji sebanyak 600 bungkus, makanan anak sebanyak 300 paket, selimut sebanyak 300 lembar, matras sebanyak 300 potong, kasur sebanyak 200 potong dan kids wae sebanyak 50 potong.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close