HUMANITIES

Dukung Prestasi Atlet Paralimpik, Mensos Instruksikan UPT Beri Bantuan Sarana dan Peralatan

Indonesiaplus.id – Pembinaan para atlet penyandang disabilitas dipastikan akan terus didukung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagi wujud komitmen mendukung prestasi para atlet meraih prestasi internasional.

Untuk keperluan tersebut, Mensos telah menginstruksikan kepada Unit Pelayanan Teknis (UPT) di lingkungan kementerian sosial untuk menyiapkan balai Kemensos. Balai diminta untuk mengidentifikasi potensi atlet.

“Di seluruh tanah air, saya yakin banyak potensi atlet berbakat. Mereka mampu bersaing di level nasional dan internasional. Balai Kemensos di seluruh tanah air sudah melakukan pantauan para atlet berbakat di daerah masing-masing di mana potensi dan bakatnya dan apa bantuan yang bisa diberikan,” ujar Mensos Risma usai menyaksikan pertandingan tenis dan mengalungkan medali kepada para atlet paralimpik dalam Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021 di lapangan tenis Wali Kota Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021).

Tampil sebagai Juara Tunggal Elite Putra Agus Fitriadi (Papua), Runner Up Puji Sumartono (Jawa Barat), semifinalis Suwardi (DIY), dan semifinalis Agus Sugiharto (Jawa Barat). Untuk juara Tunggal Putra Kevin Sanjaya (DIY), Runner Up Hariyanto (DIY), semifinalis Rohimat (JBR), dan semifinalis Sarjiyanto (DIY).

Nomer ganda campuran, juara Sudartatik/Sarjiyanto (DIY), Runner Up Siti Hanna/Daryoko (Papua), semifinalis Siti Maimunah/Rohimat (Jawa Barat), dan semifinalis Rita Mulyantini/Ferdy Samsudin (Banten).

Mensos mengapresiasi prestasi dari para atlet dan atlet paralimpik membutuhkan kesinambungan dalam latihan. Sebab, even pertandingan untuk atlet paralimpik tidak sesering event untuk atlet non paralimpik.

“Perlu dukungan sarana dan prasarana. Balai Kemensos akan ditata dan disiapkan untuk mendukung prestasi mereka, termasuk sampai ke kesiapan sarana dan prasarana apakah sudah ramah disabilitas,” katanya.

Mensos memastikan bergerak cepat karena pada 2022, akan diselenggarakan Pekan Olah Raga Special Olimpik Nasional (Pesonas) di Semarang. Event bagi atlet paralimpik akan diikuti 2500 atlit disabilitas intelektual dari 27 propinsi.

Selain itu, Mensos menyambut baik event ini karena semakin menambah frekuensi ajang perlombaan untuk mengasah kemampuan dan talenta para atlet. Balai-balai akan menyiapkan bantuan untuk peralatan latihan.

“Ada kursi roda untuk para atlet itu kan mahal, jadi saya minta balai untuk menyiapkan peralatan tersebut,” ungkap Mensos.

Perhelatan Peparnas 2021, Kemensos memberikan kontribusi sejak awal terutama memastikan perlindungan kepada para atlet penyandang disabilitas untuk menjalani vaksinasi. Kebijakan Kemensos ini merupakan bagian dari memprioritaskan vaksinasi bagi penyandang disabilitas.

Sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Percepatan Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2021 di Provinsi Papua, Kemensos bertugas memberikan dukungan kepada para atlet.

Sebagai upaya percepatan vaksinasi, Kemensos telah berupaya mulai dari pendataan hingga pendampingan. Prioritas vaksinasi bagi penyandang disabilitas karena merupakan salah satu kelompok rentan terpapar virus Covid-19.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close