HUMANITIES

DPD RI Gandeng Poltekesos Gelar FGD Terkait Penelitian Empirik Atas Perubahan UU No 11 Tahun 2009

Indonesiaplus.id – Sekretaris Komite III DPD RI menggandeng Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penelitian Empirik, Inventarisasi Materi Penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU), Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial.

Direktur Poltekesos Bandung Dr Marjuki menyatakan, bahwa hal yang perlu diperhatikan terkait penyusunan RUU tersebut adalah kejelasan tentang pelaksana dan kelembagaan kesejahteraan sosial serta kemitraannya.

“Selamat menggelar FGD, semoga lancar dan menghasilkan pemikiran cerdas, sebagai bahan masukan terkati RUU, sehingga melalui RUU ini bisa dimanfaatkan,” ungkap Marjuki saat membuka secara resmi kegiatan FGD di Ruang Pertemuan lantai 1 Instalasi dan Perpustakaan, Poltekesos Bandung, Senin (12/4/2021).

Dengan digelarnya FGD bisa ada masukan data atau informasi tentang bagaimana bentuk pengelolaan kesejahteraan Sosial di masyarakat yang ideal dan sesuai kebutuhan.

“Kegiatan FGD yang menggandeng Poltekesos bisa mendapatkan berbagai masukan terkait bentuk pengelolaan kesejahteraan sosial yang ideal sesuai kebutuhan, ” kata Heru Firdan, Kabag Sekretariat Komite III DPD RI.

Terkait regulasi di daerah implikasinya dengan UU baru, yaitu UU No 14 tahun 2019 tentang Pekerja Sosial dan UU No 13 Tahun 2011 Tentang Penanganan Fakir Miskin berdampak kepada UU No 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial dan bagaimana penerapan dan penanganan terkait permasalahan sosial di daerah.

Kegiatan FGD tersebut dimoderatori oleh Lukman Junaedi, dengan menghadirkan narasumber Adi Santika selaku Ketua Tim Ahli RUU Kesejahteraan Sosial DPD RI.

Hadir dalam FGD yaitu perwakilan dari Pemda yang mengurusi Kesejahteraan Sosial, seperti Dinas Sosial dan Bappeda Provinsi Jawa Barat, Dinas Sosial Kota Bandung, Akademisi di bidang Kesejahteraan Sosial.

Juga, UPT pemerintah yang menangani Kesejahteraan Sosial, seperti perwakilan Dosen Poltekesos Bandung dan perwakilan dari BRSPDSN Wyataguna dan BLBI Abiyoso.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close