HUMANITIES

Dapur Umum Kemensos Salurkan Ribuan Nasi Kotak bagi Warga Terdampak Covid-19 di Jakarta

Indonesiaplus.id – Kementerian Sosial akan menyalurkan sebanyak 300.000 paket sembako dan makanan nasi kotak bagi warga terdampak covid-19 di wilayah DKI Jakarta.

“Jadi ada tambahan sebanyak 100.000 dari target semula 200.000 paket sembako, ” ujar Menteri Sosial Juliari P. Batubara di Jakarta, Jumat (10/4/2020).

Para penerima bantuan tersebut adalah mereka terdiri dari pekerja informal, seperti buruh harian, buruh pabrik, pengemudi taksi, ojek online dan lain sebagainya.

“Mereka warga terdampak wabah covid-19 yang kehilangan mata pencahariannya. Dengan bantuan yang disalurkan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan makan dan mencegah mudik,” katanya.

Mensos mengajak semua elemen dan lini masyarakat serta pilar-pilar sosial agar bersama-sama, bersatu padu membantu masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 tersebut.

“Kami mengapresiasi kepada semua pihak yang telah menyalurkan paket bantuan. Juga, mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan bantuan jajaran Kementerian Sosial (Kemensos) termasuk Tagana,” tandasnya.

Kemensos mendirikan dapur umum yang dikelola Taruna Siaga Bencana (Tagana) di bawah Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA), untuk mendukung pemenuhan kebutuhan makanan bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Posko bantuan Sosial dimana dapur umum berada mulai beroperasi sejak pukul 03.00 pagi hingga pukul 17.00 sore di Gedung Konvensi, kompleks Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta.

Puluhan anggota Tagana, pria dan wanita yang terbagi dalam empat kelompok, yaitu tim koki, tim rajang, tim nasi, dan tim pengemas.

Mereka menyiapkan bahan-bahan dan bumbu untuk dimasak, dikemas dalam ribuan kotak-kotak nasi hingga siap disalurkan kepada warga yang terdapak covid-19.

Dapur Umum tersebut, memiliki kapasitas produksi 6.000 kotak nasi untuk sesi makan pagi dan 6000 kotak nasi untuk sesi makan siang. Sejak beroperasi Selasa (7/4/2020) hingga pukul 12.30 siang telah disalurkan sembako sebanyak 16.785 paket dan nasi kotak sebanyak 28.656 porsi.

Usai nasi kotak dan paket sembako dikemas, selanjutnya disalurkan menuju titik-titik yang sudah ditentukan di DKI Jakarta. Untuk pencatatan bantuan dilakukan petugas di tenda luar dari Gedung Konvensi tersebut.[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close