HEALTH

Yuk! Jaga Kesehatan Ginjal Dengan Melakukan Lima Kebiasaan Ini

Indonesiaplus.id – Dari sekian banyak organ vital tubuh manusia, ginjal salah satunya. Fungsi ginjal adalah membuang sisa metabolisme, racun, dan garam dari dalam tubuh. Juga mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh Anda. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah.

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk membantu menjaga kesehatan ginjal:

Pertama, olahraga secara teratur.

Dengan olah raga teratur bisa menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Juga mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung yang keduanya penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Tidak harus berlari maraton untuk menuai hasil dari olahraga. Berjalan, berlari , bersepeda, dan bahkan menari sangat bagus untuk kesehatan Anda. Temukan aktivitas yang membuat sibuk dan bersenang-senang dan akan lebih mudah melakukannya dan mendapatkan hasil yang bagus.

Kedua, kurangi konsumsi makanan mengandung gula berlebih
Mengonsumsi makanan dengan jumlah gula sangat tinggi dapat mengalami kerusakan ginjal. Sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah, ginjal Anda dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah.

Jika dapat mengontrol gula darah itu bisa mengurangi risiko kerusakan dan kerusakan diketahui lebih awal, dokter bisa segera mengambil langkah-langkah untuk mengurangi atau mencegah kerusakan tambahan.

Ketiga, perbanyak minum air putih
Minum 8 gelas sehari terdengar klise, sebenarnya penting untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Asupan air yang cukup juga dapat membantu ginjal tetap dalam kondisi sehat.

Air membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal. Juga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Usahakan setidaknya 1,5 hingga 2 liter dalam sehari. Persis berapa banyak air yang dibutuhkan tergantung pada kesehatan dan gaya hidup.

Berbagai faktor seperti iklim, olahraga, jenis kelamin, kesehatan secara keseluruhan, dan apakah sedang hamil atau menyusui penting untuk dipertimbangkan saat merencanakan asupan air harian.

Keempat, berhenti merokok
Dampak buruk merokok bisa merusak pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah lebih lambat ke seluruh tubuh Anda dan ke ginjal.

Merokok menempatkan ginjal Anda pada peningkatan risiko kanker. Jika berhenti merokok, risiko pun akan turun. Namun, itu akan membutuhkanbertahun-tahunSumber Tepercaya untuk kembali ke tingkat risiko seseorang yang tidak pernah merokok.

Kelima, pantau berat badan dan makan makanan yang sehat
Kelebihan berat badan atau obesitas berisiko mengalami sejumlah kondisi kesehatan yang bisa merusak ginjal. Hal ini termasuk diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Diet sehat rendah sodium, daging olahan, dan makanan lain yang merusak ginjal dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal.

Maka fokus pada makan bahan-bahan segar yang secara alami rendah sodium, seperti kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan banyak lagi.[auf]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close