HEALTH

Studi Anyar Temukan Menuliskan Rencana Hari Esok Jadikan Tidur Lebih Cepat

Jumat, 16 Maret 2018

Indonesiaplus.id – Menjauhkan perangakat dan alat elektronik sebelum tidur membuat Anda lebih cepat terlelap. Namun, ternyata ada satu trik sederhana yang membuat tidur menjadi lebih mudah.

Hal itu terungkap dari sebuah studi yang dipublikasi dalam Journal of Experimental Psychology menemukan bahwa menuliskan rencana esok hari dapat membuat tidur lebih cepat.

Namun, efek tersebut tak terlihat pada mereka yang menuliskan apa saja yang telah dicapai seharian.

Sebagian partisipan diminta menuliskan daftar rencana kegiatan, sementara partisipan lain menuliskan daftar yang telah dilakukan.

Hasilnya, kelompok pertama tidur lebih cepat secara signifikan dibandingkan kelompok kedua. Pengukuran tidur dilakukan dengan cara memonitor aktivitas otak elektrik sepanjang malam. Selain itu, mereka yang menuliskan agenda untuk besok juga lebih cepat tertidur.

Sedangkan para peneliti menyaranakan untuk menghabiskan waktu sekitar lima menit untuk menuliskan kegiatan spesifik untuk esok hari, dibandingkan menulis jurnal, sebelum tidur di malam hari.

Pemimpin studi Dr Michael K Scullin menyebutkan bahwa akan ada dua pemikiran tentang ini.

“Pertama, menulis tentang masa depan akan meningkatkan rasa cemas tentang tugas yang belum selesai dan menunda tidur, sementara membuat jurnal tentang tugas yang telah dicapai seharusnya tak memicu kecemasan,” katanya.

Dari hipotesis penelitian tersebut, berpikir bahwa alternatif pertama lebih cenderung untuk menghilangkan pikiran dan mengurangi kecemasan.[Mas]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close