HEALTH

Sering Kram Hingga Linglung, Bisa Jadi Kelebihan Minum Air Putih

Indonesiaplus.id – Kekurangan air minum bisa mengakibatkan masalah kesehatan bahkan hingga kematian. Namun, bagaimana jadinya kalau kebanyakan minum air putih dan teranyata berbahaya.

Kelebihan air putih yang dikenal sebagai overhydrated (overhidrasi) yaitu ketidakseimbangan cairan. Hal ini terjadi ketika tubuh memiliki dan menahan lebih banyak cairan dalam tubuh dibanding yang dikeluarkan tubuh.

Seperti dikuutip dari Insider, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan efek samping mulai dari iritasi ringan hingga mengancam jiwa, serta overhidrasi dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Kandungan elektrolit dalam tubuh seperti kalium, natrium dan magnesium membantu mengatur segala sesuatu mulai dari ginjal sampai jantung. Rasa haus adalah tanda tubuh butuh air putih. Namun ada beberapa orang yang ternyata minum meskipun tak haus.

Jika Anda menenggak air bahkan ketika Anda tidak haus, Anda bisa minum lebih dari yang dibutuhkan tubuh Anda. Biarkan rasa haus menjadi pemandu dan alarm Anda untuk minum.

Namun tanpa disadari, tubuh punya alarm otomatis ketika kekurangan atau kelebihan air. Hanya saja banyak orang yang tak sadar dengan alarm ini.

Berikut beberapa tanda tubuh kelebihan air putih yang harus diketahui:

Pertama, linglung atau disorientasi
Pada kasus yang ekstrem, minum terlalu banyak air dan menurunkan konsentrasi natrium dalam darah Anda dapat menyebabkan otak Anda membengkak berbahaya. Maka, jika mulai mengalami gejala, seperti kebingungan, kejang, atau kehilangan kesadaran, segera hubungi dokter.

Kedua, urine jernih
Kondisinya sama seperti rasa haus, urine juga menjadi penanda kurang atau lebih minum.

Seperti dikutip dari Healthline, urine kuning pucat yang terlihat seperti limun (sedikit kekuningan) menunjukkan hidrasi yang sehat. Urine yang tidak berwarna, di sisi lain, mungkin berarti Anda kelebihan cairan dan perlu mengurangi asupan air.

Ketiga, Sakit kepala berkepanjangan dan mual
Mengutip dari WebMD, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan kadar natrium dalam darah Anda turun, yang dapat menyebabkan sakit kepala dan mual.

Mengutip The Healthy, gejala overhidrasi mirip dengan dehidrasi. Ketika Anda minum terlalu banyak air, ginjal Anda menjadi tidak dapat membuang kelebihan cairan, dan air mulai terkumpul di dalam tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan sejumlah gejala yang tidak menyenangkan, seringkali termasuk mual, muntah, dan diare.

Keempat, kaki, tangan atau bibir jadi bengkak
Tanda-tanda mengalami ketidakseimbangan elektrolit adalah pembengkakan di tangan, kaki, atau bibir.

Minum terlalu banyak air dapat menyebabkan rendahnya kadar natrium darah. Hal ini dapat menyebabkan sel-sel tubuh membengkak dan menahan cairan.

Kelima, sakit kepala berdenyut
Konsentrasi garam dalam darah Anda berkurang, menyebabkan sel-sel di organ-organ di seluruh tubuh Anda membengkak.Ketika minum terlalu banyak air, otak akan tumbuh dan menekan tengkorak. Hal inilah yang menyebabkan sakit kepala berdenyut, gangguan otak, dan kesulitan bernapas.

Keenam, otot lemah dan kram
Tanda tubuh kelebihan air putih, yaitu berupa kadar elektrolit dalam tubuh yang berkurang lantaran kebanyakan minum air putih akan menyebabkan sejumlah gejala seperti kram otot atau kejang otot.[auf]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close