HEALTH

Sebelum Dipakai Pakaian Baru Harus Dicuci? Ini Kata Dokter Kulit

Kamis, 29 Maret 2018

Indonesiaplus.id – Bagi Anda, mungkin sulit untuk menolak mengenakan pakaian baru yang dibeli.

Bagi seorang dokter kulit mengungkapkan mengapa pakaian yang baru dibeli haru dicuci terlebih dahulu.?

Ternyata selain tidak sehat, pikirkan berapa banyak orang yang sudah memegang pakaian tersebut. Memakai pakaian baru tanpa terlebih dahulu dicuci, bisa menimbulkan beberapa konsekuensi yang cukup serius.

“Mengenakan pakaian yang dibeli dari toko yang tidak dicuci bisa menyebabkan iritasi kulit, kudis, kutu atau bahkan jamur,” ujar seorang profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, Donald Belsito, seperti dilansir laman MSN.

Namun jika bug tidak cukup buruk, pakaian yang dibeli di toko juga bisa menjadi tuan rumah berbagai bahan kimia yang bisa mendatangkan malapetaka pada kulit Anda.

Sedangkan, ahli dermatologi Lindsey Bordone dari Columbia University Medical Center mengatakan, mencuci baju baru sebelum mengenakannya, meski dipesan secara online, sangat penting.

“Saat pakaian dikirim, beberapa bahan pengawet akan diletakkan didekat pakaian tersebut, sehingga jamur tidak akan tumbuh selama proses pengiriman jika ada kelembaban,” tandas Bordone.

Tak hanya satu bahan kimia ini adalah resin formaldehid yang biasa digunakan dalam pakaian untuk mencegah jamur dan menjaga pakaian bebas kerut.

Selain dari waktu penyetrikaan kurang, pakaian dengan formaldehid di kain bisa menyebabkan reaksi parah seperti eksim saat diletakkan di kulit, terutama bila formaldehid melebihi kadar kimia yang diijinkan, yang sayangnya, sering terjadi.

Wall Street Journal, penggunaan formaldehid berlebih pada pakaian terjadi meski ada peraturan ketat. Bagi sebagian besar masalah ini bisa dengan mudah dihindari dengan mencuci pakaian sebelum memakainya.[Was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close