HEALTH

Sains Buktikan Ragam Makanan Bisa Bikin Bahagia, Apa Saja?

Sabtu, 23 Desember 2017

Indonesiaplus.id – Makan adalah kebutuhan bagi setiap mahluk hidup, termasuk manusia untuk meneruskan kehidupannya.

Sehingga, dipastikan semua manusia suka makan. Namun, ada beberapa makanan memiliki rasa yang enak ketika memakannya, tapi bisa meninggalkan kembung dan rasa bersalah saat kita membersihkan remah-remahnya.

Nah, berikut ada beberapa jenis makanan lain yang secara sains terbukti untuk memberikan efek semangat.

Berikut daftar dari beberapa makanan yang bisa bikin Anda bahagia, seperti dilansir laman Care:

Brokoli
Kanduengan dari sayuran ini mengandung mineral yang disebut kromium, yang selain membantu Anda memetabolisme makanan, juga meningkatkan kadar serotonin, norepinephrine dan melatonin otak Anda yang membantu mengatur suasana hati.

Sehingga, brokoli bahkan telah terbukti mengurangi gejala depresi atipikal (seperti makan berlebih dan tidur berlebihan). Anda juga bisa mendapatkan kromium dari jus anggur dan kentang

Kacang Mete
Kacang mete kaya akan seng, yang ternyata mampu mengurangi gejala depresi dan bahkan memperbaiki respons antidepresan.

Kurangnya vitamin bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan, gejala depresi dan sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah.

Ikan Salmon
Ikan ini kaya akan vitamin D, yang juga dikenal sebagai “vitamin sinar matahari”, cara termudah untuk mendapatkan asupan vitamin pengatur mood Anda adalah dengan menghabiskan sekitar 15 menit di bawah sinar matahari beberapa kali dalam seminggu.

Bayam
Sayuran bayam mengandung mineral magnesium. Penting untuk memasukkannya ke dalam makanan Anda, karena magnesium memainkan peran besar dalam pengembangan serotonin dan kekurangan magnesium bisa menyebabkan depresi, kecemasan, insomnia dan kelelahan.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan magnesium dari kacang almond dan edamame dan juga mandi pasir epsom.

Buncis
Kaya dengan kandungan vitamin B6, vitamin yang membantu tubuh membuat serotonin dan norepinephrine, yang memengaruhi suasana hati.

Defisiensi B6 yang serius bisa menyebabkan iritabilitas, gugup dan depresi. Sumber vitamin lainnya termasuk dada ayam dan tuna sirip kuning.[Was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close