HEALTH

Risiko Kanker Bisa Dikurangi dengan Bawang Putih dan Merah

Senin, 18 Maret 2019

Indonesiaplus.id – Mengurangi risiko mengembangkan kanker kolorektal bisa dengan mengonsumsi sayuran  allium seperti bawang putih, bawang perai, dan bawang merah.

Pasalnya, kanker kolorektal merupakan kanker usus besar atau dubur, yang terletak di ujung bawah saluran pencernaan. Ini adalah penyebab utama kedua dan ketiga dari kematian akibat kanker pada pria dan wanita.

Studi diterbitkan dalam Jurnal Onkologi Klinis Asia Pasifik menemukan kemungkinan kanker kolorektal adalah 79 persen lebih rendah pada orang dewasa.

Hal itu bisa dibandingkan dengan yang mengonsumsi sayuran allium dalam jumlah tinggi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsinya dalam jumlah rendah.

“Perlu dicatat dalam penelitian kami, tampaknya ada tren, dimana semakin besar konsumsi jumlah sayuran  allium akan semakin baik manfaat perlindungannya,” ujar peneliti Zhi Li, seperti dilansir laman India Times, Ahad (17/3/2019).

“Namun, secara umum temuan tersebut menjelaskan bahwa pencegahan utama kanker kolorektal melalui  intervensi gaya hidup, yang layak untuk dieksplorasi lebih dalam,” katanya.

Studi tersebut melibatkan sebanyak 833 pasien kanker kolorektal dibandingkan dengan 833 kontrol sehat  berdasarkan usia, jenis kelamin dan daerah tempat tinggal.

Dari hasiil informasi demografis dan diet dikumpulkan data melalui wawancara tatap muka menggunakan  kuesioner frekuensi makanan yang divalidasi.[was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close