HEALTH

Pria Perlu Lebih Sering Konsumsi 6 Makanan Berikut Ini

Indonesiaplus.id – Pada dasarnya, pria dan wanita tidak beda soal pola makan. Namun, ternyata pria terkadang kurang mengonsumsi makanan dan nutrisi tertentu yang sebenarnya dibutuhkan dalam pola makannya.

Ada enam jenis makanan yang perlu lebih sering dikonsumsi oleh pria. Berikut ini adalah keenam makanan tersebut seperti dilansir di laman Men’s Health, Ahad (19/7/2020):

Pertama, kacang hitam

Studi mengungkapkan asupan protein dari makanan berbasis tumbuhan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Akan tetapi, banyak laki-laki yang masih menghubungkan daging dengan kesehatan.

Dengan mengkonsumsi black bean atau kacang hitam dapat membantu meningkatkan asupan protein nabati. Satu porsi sajian kacang hitam mengandung sekitar 9 gram protein. Juga, kacang hitam kaya akan resisten pati yang dapat menyeimbangkan dampak dari pola makan yang tinggi asupan daging.

Kedua, makarel

Mengonsumsi minyak ikan berkaitan dengan jumlah sperma yang lebih tinggi pada laki-laki muda. Meski bisa didapatkan dari suplemen, minyak ikan juga bisa didapatkan langsung dari makanan seperti ikan makarel atau salmon. Ikan ini juga kaya akan vitamin D yang berkaitan dengan produksi testosteron dan pemeliharaan massa otot.

Ketiga, pasta cokelat

Masih sedikit pria mengonsumsi serat di bawah kebutuhan harian, sekitar 30 gram per hari. Serat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan menjaga kadar kolesterol. Salah satu sumber serat yang juga lezat adalah pasta cokelat atau pasta gandum utuh. Pasta gandum utuh mengandung 6,5 gram serat per satu porsi sajian.

Keempat, buah beri

Konsumsi buah beri cenderung lebih identik dengan perempuan. Padahal, tak ada aturan gender dalam mengonsumsi makanan. Ceri bagus untuk dikonsumsi oleh pria karena kaya akan serat dan antioksidan. Buah beri juga rendah karbohidrat dan gula dibandingkan kebanyakan buah.

Kelima, kenari

Berbagai studi mengungkapkan, bahwa pria sehat yang mengonsumsi 75 gram kacang kenari per hari selama 12 pekan mengalami perbaikan dalam vitalitas dan motilitas spermanya.

Abnormalitas sperma pun tampak lebih rendah tanpa adanya perubahan berat badan. Selain itu, kacang kenari juga mengandung lemak sehat dan kaya akan mineral penting untuk menjaga fungsi otot yang sehat.

Keenam, kentang

Pria pada umumnya mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan. Dengan mengatur asupan garam, sebuah studi mengungkapkan peningkatan asupan mineral kalium juga dapat membantu mengatasi masalah ini.

Satu buah ubi dapat memenuhi kebutuhan kalium sebesar 20 persen dari kebutuhan harian. Sedangkan kentang biasa dapat memenuhi sekitar 26 persen.[was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close