HEALTH

Mampu Hambat Sel Kanker. Berikut Manfaat Lain Biji Pepaya

Kamis, 17 Agustus 2017

Indonesiaplus.id – Usai mengonsumsi buah pepaya, ada beberaa bagian yang akan kita buang, di antaranya kulit dan juga bijinya. Hal itu kita menganggaptidak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Tapi tahukan Anda? Biji pepaya memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan salah satunya untuk kesehatan hati. Jika Anda penasaran, berikut adalah delapan manfaat dari biji pepaya yang kami kutip dari Healthy Food Team. 

Kesehatan hati
Kandungan biji pepaya sarat nutrisi, sangat bermanfaat untuk hati. Caranya, hancurkan atau giling 5-6 biji pepaya dan konsumsi langsung atau ditambahkan air jeruk nipis selama 30 hari. Secara ajaib organ hati akan bersih sekaligus mencegah penyakit hati.

Cocok untuk kesehatan ginjal
Para ilmuwan dari University of Karachi, biji pepaya secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan ginjal dan mencegah penyakit ginjal.

Anti-inflamasi
Biji pepaya memiliki efek anti-inflamasi alami dan dapat meredakan arthritis, nyeri sendi, pembengkakan dan kemerahan pada kulit.

Anti-bakteri dan anti-virus
Hanya sejumlah kecil biji pepaya cukup kuat untuk menghancurkan bakteri berbahaya seperti E. coli, Staph, dan Salmonella.

Biji pepaya juga efektif mengobati infeksi virus dan menyembuhkan demam berdarah, tifus, dan banyak penyakit lainnya. Di Nigeria, campuran biji pepaya dengan susu banyak digunakan sebagai obat alami untuk demam tifoid.

Efektif cegah kanker
pertumbuhan sel kanker dan tumor bisa dicegah dengan biji pepaya, karena mengandung nutrisi. Juga, kaya dengan isothiocyanate yang dapat mencegah leukemia, usus, paru-paru, payudara dan kanker prostat.

Mampu hancurkan parasit
Biji pepaya mengandung alkaloid yang dikenal sebagai “carpaine,” yang efektif dalam menghancurkan cacingan dan parasit amuba.

Studi para ilmuwan, anak-anak di Nigeria yang telah mengkonsumsi jus biji pepaya selama 7 hari, terhindar dari parasit dalam usus.

Kontrasepsi alami
Biji pepaya juga bisa bertindak sebagai kontrasepsi alami bagi pria dan wanita, tanpa efek samping. Pria dan wanita di India dan di bagian Asia Tenggara telah menggunakan buah pepaya dan biji sebagai kontrasepsi alami selama berabad-abad.

Bantu program kehamilan
Pepaya dan pepaya biji kaya akan papain, enzim yang sangat bermanfaat untuk pencernaan protein. Juga, mereka adalah yang terbaik solusi alami untuk wanita yang sedang berusaha untuk hamil.

Cara Mengonsumsi 
Untuk mengonsumsi biji pepaya, Anda bisa secara mentah, dihancurkan atau ditumbuk menjadi dressing salad, susu dan madu.

Ada efek samping dan peringatan untuk mengonsumsi biji pepaya: Wanita hamil harus menghindari mengkonsumsi biji pepaya atau pepaya. Selain itu, biji pepaya memiliki efek anti-parasit kuat yang mungkin terlalu kuat bagi anak-anak, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan mereka kepada anak-anak.Selamat mencoba![Was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close