HEALTH

Cara Jitu Melawan Demensia dengan Secangkir Teh

Rabu, 10 Mei 2017

Indonesiaplus.id – Bagi Anda penggemar teh ada kabar baik. Ternyata minum teh telah dikaitkan dengan penurunan risiko mengembangkan demensia dan alzheimer.

Kesimpulan itu merupakan temuan penelitian baru dari National University of Singapore. Dalam sebuah studi baru-baru ini, peneliti mengamati tingkat konsumsi teh dari sekitar 950 relawan Tiongkok berusia 55 tahun dan lebih antara tahun 2003 dan 2005.

Kemudian para peneliti menilai jumlah relawan yang mengembangkan gangguan neurokognitif seperti demensia antara tahun 2006 dan 2010. Setelah membandingkan dua set data, para peneliti menemukan relawan yang minum teh teratur memiliki risiko 50 persen lebih rendah untuk mengembangkan demensia.

Namun demikian, bagi pembawa gen e4 APOE (alias mereka yang memiliki risiko genetik lebih besar terkena alzheimer), memiliki penurunan risiko terkena alzheimer sebesar 86 persen.

Bagian terbaik? Tidak peduli jenis teh apa yang Anda gunakan, risiko Anda terserang kedua penyakit ini tetap akan berkurang, apakah itu Anda menggunakan teh hijau, teh hitam dan teh oolong. Para peneliti berspekulasi bahwa senyawa anti-inflamasi dan antioksidan dalam teh mungkin membantu melindungi otak dari kerusakan.

“Temuan kami memiliki implikasi penting untuk pencegahan demensia. Teh merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia,” ,” kata penulis studi, Profesor Feng Lei, seperti dilansir laman Yahoo Health, Minggu (7/5/2017).

Data dari penelitian kami menunjukkan bahwa menjalani gaya hidup sederhana dan murah seperti minum teh setiap hari bisa mengurangi risiko seseorang terkena gangguan neurokognitif pada akhir kehidupan mereka.[Mas]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close