GLOBAL

Sebelum Pemakzulan Trump, Garda Nasional AS Bergeletakan di Lantai Gedung Capitol

Indonesiaplus.id – Viral di media sosial foto-foto dari para personel Garda Nasional tidur bergelatakan di lantai gedung Kongres Amerika Serikat (AS), Capitol Hill, beberapa saat sebelum impeachment (pemakzulan) Presiden Donald Trump.

Jurnalis di Capitol pun mengunggah foto-foto itu ke Twitter, menunjukkan bahwa personel dengan baju kamuflase loreng berkemah di lorong gedung di sebelah alat pemadam kebakaran, pajangan, bahkan patung Abraham Lincoln.

“Ini adalah sesuatu yang saya pikir tidak akan pernah saya lihat,” kata editor Daily Telegraph Ben Riley-Smith.

‚ÄúTidak seperti para anggota DPR yang memilih tinggal di kantor mereka untuk uang atau membuat suatu maksud, mereka (anggota Garda Nasional) tidak memiliki pusat kebugaran atau pancuran untuk digunakan,” kata koresponden CNN Washington Jeff Zeleny.

“Gedung Capitol AS sekarang menjadi pangkalan militer,” kata jurnalis Bloomberg Erik Wasson dalam cuitan di Twitter.

Tampak ribuan pasukan Garda Nasional berada di Capitol pada Rabu (13/1/2021) menjelang pemungutan suara DPR untuk menyerukan Wakil Presiden Mike Pence mengaktifkan Amandemen ke-25, menurunkan Presiden Trump dari kekuasaan.

Usai Pence menolak, DPR dengan mayoritas Demokrat meluncurkan proses pemakzulan terhadap Trump, mengatakan dia menghasut para pendukungnya untuk menyerbu gedung Capitol pada Rabu (6/1/2021), yang menyebabkan lima orang tewas dan puluhan luka-luka.

Akhirnya DPR AS memakzulkan Trump untuk kedua kalinya dalam satu masa jabatan, dengan hasil pemungutan suara 232 mendukung dan 197 menentang.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close