GLOBAL

Pinjam Teknik Presentasi Netanyahu, Erdogan: Kutuk Kesepakatan Abad Ini dan PBB

Indonesiaplus.id – Saat berpidato di Sidang Umum PBB, Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan membawa peta yang menunjukkan Israel mengambil tanah Palestina.

Erdogan meminjam teknik dari presentasi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tentang program nuklir Iran pada 2012.

“Di mana tanah Israel dimulai dan berakhir?” ucap Erdogan, sambil mengangkat peta yang menunjukkan semakin menyusutnya tanah Palestina dari rencana pemisahan PBB tahun 1948 hingga saat ini.

Pada hari ini tampaknya tidak ada kehadiran orang Palestina dan seluruh tanah adalah milik Israel. “Tetapi apakah itu cukup bagi Israel? Tidak. Israel masih mau mengambil alih tanah yang tersisa,” tandanya seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (25/9/2019).

Orang nomor wahid di Turki itu merujuk pada rencana Netanyahu yang mengumumkan rencana untuk mencaplok wilayah di lembah Sungai Jordan dan Tepi Barat, yang dibuat menjelang pemilihan umum baru-baru ini.

Dia juga menggunakan presentasi untuk mengutuk apa yang disebut “Kesepakatan Abad Ini,” yang dipromosikan oleh pemerintahan Trump sebagai solusi untuk konflik Israel-Palestina yang berlangsung lama.

“Tujuan sebenarnya dari rencana AS adalah untuk menghilangkan prioritas negara dan rakyat Palestina,” Menurut Erdogan memperingatkan bahwa implementasinya hanya akan menghasilkan pertumpahan darah.

“Bahwa wilayah Palestina yang ditempati Israel adalah tempat ketidakadilan yang paling mencolok di peta,” ucap presiden Turki itu kepada para pemimpin dunia.

Selain itu, dia mengutuk PBB karena tidak efektif menunjuk serangkaian resolusi yang mengutuk pendudukan Israel atas Palestina sebagai ilegal, yang tidak pernah dilaksanakan.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close