GLOBAL

Pembebasan WNI Dari Abu Sayyaf Karena Bantuan Tokoh MNLF

Rabu, 14 Desember 2016

Indonesiaplus.id – Dua Anak Buah Kapal (ABK) TB Charles, warga negara Indonesia berhasil dibebaskan dari penyanderaan kelompok Abu Sayyaf.

Menurut Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, upaya pembebasan berhasil dilakukan berkat kerja sama berbagai pihak.

“Upaya pembebasan dilakukan oleh tim di lapangan. Kami memanfaatkan jasa baik dari Moro National Liberation Front (MNLF). lalu, tekanan dari militer Filipina terhadap kelompok Abu Sayyaf ini juga memperkuat posisi tawar-menawar kita,” ujar Iqbal di Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Perwakilan militer Indonesia menemui tokoh Muslim, sekaligus pendiri MNLF, Nur Misuari. Ia disebut-sebut sebagai tokoh yang membantu proses pembebasan warga negara Indonesia dari Abu Sayyaf.

Sebagai tokoh yang dihormati di Filipina Selatan, Misuari dinilai bisa menggunakan pengaruhnya pada kelompok militan tersebut. Misuari pun sebelumnya menunjukkan bahwa Al Habsyi Misaya, merupakan pemimpin Abu Sayyaf yang menjadi dalang penyanderaan.

Juga, ia dipercaya bertanggung jawab dalam serangkaian penculikan dan pemenggalan beberapa tawanan asing. “Kita tahu, antara Misuari dengan Al Habsyi Misaya ini ada persoalan masalah internal. status Misuari yang beberapa waktu lalu ditetapkan sebagai buron sempat membuat komunikasi kita terhambat,” katanya.

Setelah status ini dicabut, kata Iqbal, Indonesia lebih mudah lakukan kontak. Pada 20 Juni 2016, tujuh ABK TB Charles diculik dari Perairan Sulu, Filipina Selatan. Pada 7 Agustus, dua ABK atas nama Sofyan dan Ismail berhasil bebas. Lalu, pada 1 Oktober, tiga ABK lainnya juga berhasil dibebaskan.

Semntara itu, dua ABK yang tersisa, yakni Robin Piter asal Samarinda, Kalimantan Timur dan Muhamad Nasir asal Makassar, Sulawesi Selatan, juga telah berhasil dibebaskan, setelah disandera selama hampir enam bulan. Kini, keduanya telah diserahkan kepada pihak Indonesia dan sedang dalam diproses pemulangan.[Mus]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close