GLOBAL

Kunjungan Trump ke Saudi, Perkuat Kerja Sama dengan Negara Sunni

Minggu, 21 Mei 2017

Indonesiaplus.id – Sambutan hangat menyambut kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald di Arab Saudi.

Saat pesawat kepresidenan AS mendarat di lapangan terbang Riyadh, Sabtu (20/5), Presiden dan Ibu Negara AS mendapatkan sambutan dari sejumlah anggota kerajaan Saudi dan karangan bunga dari anak-anak.

Dilansir The New York Times, ini merupakan lawatan pertama Trump ke luar negerinya. Arab Saudi menjadi salah satu destinasi awal dengan tujuan mempererat hubungan bilateral AS dengan negara Islam tersebut dalam bidang keamanan dan ekonomi.

Kedatangan Trump diketahui untuk mempertegas dukungan AS terhadap Arab Saudi dan negara-negara Muslim sunni lainnya serta Israel. Trump dan istrinya kemudian diterima oleh Raja Salman.

Dalam kesempatan ini, Raja Salman memberikan gelar kehormatan sipil tertinggi Arab Saudi kepada Trump di istana kerajaan tersebut, Riyadh, Sabtu (20/5). Sebuah tanda penghormatan berupa medali emas King Abdul ‘Aziz tersebut tersemat pada pakaian yang dikenakan Trump.

Usai lawatan di Arab Saudi, dilanjutkan mengunjungi Tel Aviv, Yerusalem, dan Bethlehem, pada 22-23 Mei. Agendanya adalah untuk menjajaki kemungkinan mediasi AS antara Palestina dan Israel. Pada 24 Mei, Trump dan rombongannya dijadwalkan berkunjung ke Roma (Italia) dan Vatikan untuk bertemu dengan Paus Fransiskus.

Sedangkan pada 25 Mei, Trump akan pergi ke Brussels, Belgia, untuk menemui perwakilan 28 negara anggota NATO dan Uni Eropa. Keesokan harinya, Jumat (26/5), Trump dijadwalkan menghadiri pertemuan negara-negara G-7 di Sisilia, Italia.[Fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close