GLOBAL

Karena Disponsori Israel, Seniman Boikot Festival Internasional di Berlin

Jumat, 18 Agustus 2017

Indonesiaplus.id – Sebuah festival internasional di Berlin, Jerman, dibatalkan oleh empat seniman karena disponsori Israel.

Aksi pembatalan tersebut, sebagai bentuk dukungan mereka untuk seruan Palestina untuk gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS).

Festival Pop-Kultur, yang akan berlangsung di Berlin pekan depan, merupakan acara tahunan yang menarik ribuan pengunjung. Acara yang berlangsung selama dua hari ini juga menawarkan lebih dari 30 sponsor termasuk beberapa merek yang diakui secara internasional.

Tampaknya, Israel merupakan satu-satunya negara asing yang menaruh minat. Dilansir dari Middle East Monitor (16/8/2017), penyanyi sekaligus penulis lagu Tunisia Emel Mathlouthi, salah satu dari empat musisi yang membatalkan penampilan mereka.

Menurutnya, dalam sebuah pernyataan melalui akun Facebook-nya bahwa dia berharap dapat bermain sampai ia menyadari festival tersebut disponsori oleh kedutaan Israel. Pemusik ini melanjutkan apa yang kita lakukan untuk Palestina menunjukkan solidaritas dan empati.

Tidak hanya Mathlouthi, grup musik Islam Chipsy juga mengumumkan pembatalan penampilan karena partisipasi kedutaan Israel. Kelompok tersebut menulis di Facebook bahwa mereka ingin memperjelas bahwa musik mereka berusaha untuk menolak kekerasan, penganiayaan dan diskriminasi dalam bentuk apapun terhadap satu sama lain.

Sementara itu, kampanye Palestina untuk Pembinaan Akademik dan Budaya Israel (PACBI) menyambut baik pembatalan tersebut. PACBI memberi hormat kepada para seniman yang telah membatalkan partisipasi mereka dalam Pop-Kultur untuk memprotes sponsor Israel.

Selain itu, PACBI mengecam penerimaan Pop-Kultur atas sponsor Israel yang menggambarkan keputusan tersebut sebagai tindakan sadar atas keterlibatan dalam mengapur rezim penjajah dan apartheid Israel.[Fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close