GLOBAL

Global Firepower: Kekuatan Militer RI Urutan Pertama di Asia Tenggara

Indonesiaplus.id – Tahun ini, kekuatan militer Indonesia tercatat berada di peringkat pertama kawasan Asia Tenggara. Peringakat tersebut berdasarkan rilis oleh situs pemeringkat militer dunia, Global Firepower.

Menurut Global Firepower, Indonesia berada di peringkat ke-16 dunia dengan skor indeks kekuatan (power index) sebesar 0,2684 poin. Hal itu nyaris serupa dengan kekuatan militer negara maju.

Skor indeks kekuatan semakin kecil jika tingkatan milier suatu negara makin tinggi. Namun sebaliknya, peringkat militer kian rendah apabila skor indeks kekuatannya semakin besar. Di tingkat kawasan, Vietnam berada di bawah Indonesia dengan skor indeks kekuatan sebesar (0,4189) atau berada di peringkat 24 global disusul Thailand dengan skor indeks kekuatan 0,4427 atau posisi le-26 dunia.

Sedangkan, peringkat ke-4 di Asia Tenggara ditempati Myanmar dengan nilai 0,6521, Singapura 0,4566, Malaysia 0,7451, Filipina 0,8291, Kamboja 2.2751, dan Laos 3.3003. Namun, Global Firepower tidak menyebutkan berapa skor indeks kekuatan negara-negara Asia Tenggara lainnya yakni Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Selain itu, terdapat lebih dari 50 indikator digunakan Global Firepower dalam menghitung skor indeks kekuatan setiap negara. Misalnya untuk negara-negara kecil yang memiliki kelebihan dalam perhitungan di beberapa indikator menjadi keunggulan dalam bersaing dengan negara-negara maju.[mar]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close