GLOBAL

CSIS: Kecil Kemungkinan Konflik AS-China Jadi Perang Nyata

Indonesiaplus.id – Kecil kemungkinan terjadi konflik langsung antara Amerika Serikat (AS) dan China, baik dari sisi ekonomi, politik, terlebih militer, kendati hubungan kedua negara memanas.

Menurut Wakil Presiden Senior Simon Chair bidang Ekonomi Politik dan Penasihat Ekonomi Asia Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), Matthew P. Goodman kendati ketegangan AS dan China.

Terlebih, usai Presiden AS Donald Trump mengumumkan penerapan tarif baru terhadap Negeri Bambu itu, pihakyna tidak melihat potensi konflik langsung kedua negara.

Untuk menyelesaikan permasalahan dengan China, AS seharusnya mengambil strategis yang lebih substantif dengan menargetkan langsung inti dari masalah yang terjadi.

“Kami sepertikan memiliki masalah dengan kebijakan subsidi China, seharusnya menyerang pada sisi itu secara spesifik,” ujar Goodman saat melakukan pertemuan dengan media dari Asia Tenggara di kantor pusat CSIS di Washington, Rabu (7/8/2019).

Tentu saja, memiliki ketakutan, terutama dengan pengumuman tarif yang disampaikan Trump di mana dia memperluas pembahasan mengenai tarif dan tindakan serupa yang diambil awal pekan.

“Bisa dipastikan akan semakin memperluas konflik dan itu terasa sangat berbahaya,” tandasnya.

Bagi Goodman kondisi tersesbut, tetap tidak yakin akan ada konflik lansung antara AS dan China.

“Tapi, saya tetap tidak sepakat bahwa saat ini kami sedang diambang konflik yang sebenarnya. Itu sangat kecil untuk terjadi,” pungkasnya.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close