GLOBAL

Beberapa Pekan Jadi Dubes Jerman untuk China, Jang Hecker Tewas Mendadak

Indonesiaplus.id – Usai beberapa pekan menjabat sebagai duta besar Jerman untuk Repulik Rakyat China. Jan Hecker meninggal dunia secara mendadak pada usia 54 tahun tanpa didiagnosis penyakit sebelumnya.

Namun, sebelum menjabat jadi dubes Jerman untuk China sejak 24 Agustus, Hecker merupakan penasihat kebijakan luar negeri Kanselir Jerman Angela Merke

“Kami sangat berduka dan terkejut mengetahui kematian Duta Besar Jerman (untuk China) yang begitu mendadak. Hati kami bersama keluarga, teman-teman, dan kolega mendiang,” ujar pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman.

Hingga kini, belum ada konfirmasi soal kepastian penyebab kematian Hecker sejauh ini. Jabatan Hecker sebelum menjadi Dubes Jerman untuk China merupakan Direktur Departemen Kebijakan Luar Negeri, Keamanan dan Pembangunan sejak 2017 di pemerintahan Merkel.

Di tangan Hecker, Jerman bisa terhubung dengan baik secara diplomatis dengan China, terutama dalam hal keamanan dan perekonomian. Juga, mendiang memiliki misi kerja sama jangka panjang antara Jerman dan China dan memperkuat dialog serta kemitraan.

Merkel mengungkapkan belasungkawa atas kematian Hecker yang baru diangkat jadi Dubes Jerman di China.

“Saya sangat kaget atas kematian Jan Hecker. Saya sangat berduka kehilangan salah satu penasihat hebat selama bertahun-tahun dengan rasa kemanusiaan dan keahlian luar biasa.”

“Bagi kami sebuah kebanggaan dan kehormatan pernah bekerja sama dengan mendiang selama bertahun-tahun. Rasa simpati saya yang paling dalam untuk sang istri, anak-anak, dan keluarga mendiang, atas kehilangan mereka,” kata Merkel.[mar]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close