GLOBAL

5 Konsensus ASEAN Soal Myanmar Didukung Pemerintah Rusia

Indonesiaplus.id – Konsensus ASEAN soal Myanmar mendapat dukungan dari pemerintah Rusia.

Para pemimpin ASEAN dalam pertemuan di Jakarta akhir pekan lalu mencapai lima konsensus untuk membantu menyelesaikan masalah Myanmar.

Menurut Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, pihaknya terus memantau perkembangan situasi di Myanmar. Rusia mengamati langkah ASEAN untuk turut membantu menyelesaikan masalah Myanmar.

“Kami mengikuti secara dekat langkah ASEAN dalam memberikan solusi bagi situasi di Myanmar. Rusia sangat mendukung langkah ASEAN dan juga keputusan dari pertemuan tingkat tinggi ASEAN,” ucapnya.

Dubes Vorobieva berbicara dalam konferensi pers virtual pada Rabu (28/4/2021), bahwa keputusan yang diambil ASEAN diharapkan dapat membantu Myanmar untuk menyelesaikan masalah yang ada. “Rusia merasa dialog inklusif semacam ini merupakan jalan terbaik untuk mengatasi situasi tersebut,” katanya.

Lima konsensus pertemuan ASEAN meliputi para pihak akan menahan diri dan segera menghentikan penggunaan kekerasan. Kedua, akan dimulai dialog konstruktif untuk menemukan solusi damai demi kepentingan rakyat Myanmar. Ketiga, Utusan Khusus Ketua ASEAN akan memfasilitasi proses mediasi dengan mendapat asistensi dari Sekretaris Jenderal ASEAN.

Keempat, ASEAN akan memberikan asistensi kemanusiaan melalui ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance for Disaster Management (AHA Centre). Kelima Utusan Khusus ASEAN dan delegasinya akan mengunjungi Myanmar untuk bertemu dengan para pihak.[mar]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close