ECONOMY

Kemen BUMN Minta Pertamina Bangun SPBU di Perbatasan

Indonesiaplus.id – Sejumlah BUMN diinstruksikan Kementerian BUMN untuk berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi di wilayah perbatasan. Salah satu yang dilibatkan yaitu PT Pertamina (Persero).

Menurut Sekretaris Kementerian BUMN Imam A Putro, untuk membangun ekonomi perbatasan tersebut, Pertamina ditugaskan untuk menambah jumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, khususnya di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

“Segera dikembangkan SPBU di 5 titik di perbatasan yang targetnya akhir 2016 selesai, sehingga masyarakat Kaltara menikmati harga BBM yang sama,” ujar di Jakarta, Minggu (16/10/2016).

Saat ini, sudah ada beberapa SPBU di wilayah Kaltara tersebut. Namun, hanya saja jumlahnya masih minim, sehingga tidak semua masyarakat bisa mendapatkan BBM dengan harga jual langsung dari SPBU.

Misalnya, di Krayan, Kementerian BUMN merencanakan akan membangun pemberdayaan ekonomi dalam jangka panjang. Menurut Imam, banyak potensi yang bisa dikembangkan di wilayah itu dan bisa menguntungkan BUMN.

Sebagai perusahaan pelat merah, sudah menjadi kewajiban bagi BUMN sebagai agen pembangunan nasional. Terlebih, pembangunan ekonomi dari pinggiran menjadi fokus Presiden Joko Widodo.

“Sebenarnya banyak sekali potensi Krayan dan Kaltara yang bisa dikembangkan, seperti wisata, pertanian, perkebunan, peternakan, serta yang lainnya, ” katanya.[]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close