CLICK+

Untuk Pertama Kalinya, Jay Subyakto Sutradarai Film Dokumenter

Minggu, 18 Juni 2017

Indonesiaplus.id – Film dokumenter dengan tema sejarah perdagangan rempah Indonesia, untuk pertama kali disutradarai oleh penata artistik, Jay Sub­yakto.

Film berjudul Banda, the Dark Forgotten Trail ini mengupas kejayaan pala, komoditas rempah yang dulu dianggap lebih bernilai daripada emas, di Kepulauan Banda.

Selain itu, film tersebut pun menceritakan genosida pertama di Indonesia yang membuat penduduk asli Banda hilang tak bersisa. Banda juga jadi tempat pengasingan empat bapak bangsa Indonesia.

Produser dan sutradara berbagai konser musik itu juga memasukkan fragmen konflik agama pada 1999 sampai penyebab banyak orang Indonesia tidak tahu sejarah di Kepulauan Banda.

Jay diminta duduk di bangku sutradara oleh produser Sheila Timothy. Kebetulan Sheila melihat sebuah wawancara ketika Jay menunjukkan ketertarikan untuk membuat film dokumenter.

“Nah, saat ditawari saya senang sekaligus takut, karena membuat dokumenter itu sulit,” ujar Jay di Rumah Indofood, Jakarta Fair Kemayoran, Kamis (15/6/2017).[Wan]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close