CLICK+

Jalan Hidayah Ayana: Dari Perang Irak Hingga Orang Tak Makan Babi

Indonesiaplus.id – Butuh waktu dan perjalanan panjang dan berjuang amat keras sebelum akhirnya memeluk Islam. Itulah jalan hidayah dari selebgram asal Korea Selatan Ayana Moon yang menginspirasi.

Hal itu terungkap saat diundang ke kediaman Raffi Ahmad dan Nagita Slavina untuk sahur bareng, Ayana, begitu sapaan karibnya, menceritakan awal mula perjalanan reliji hingga memutuskan jadi mualaf.

Sebelum memeluk Islam, ia tidak memeluk agama apa pun. Tak hanya Ayana, saat itu bahkan seluruh keluarganya tidak memiliki agama.

Raffi Ahmad bertanya pada Ayana, sebelum masuk Islam, agama kamu apa? “Gak punya. Keluarga juga gak punya,” jawab Ayana, seperti dikutip VIVA dari Youtube Rans Entertainment, Jumat (16/4/2021).

Ayana pun menceritakan awal mula bagaimana dirinya masuk Islam. Ternyata, wanita 25 tahun itu sudah belajar Islam sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

“Saat itu saya masih SD, tapi suka belajar tentang budaya, baca buku. Jadi nonton news di TV dan ada perang Irak. Saya nonton ada wanita muslim, pakai jilbab, menutup aurat dan sholat, jadi itu aneh banget,” ungkap Ayana, mengawali ceritanya.

Ia melihat orang-orang yang dia tonton di TV tidak makan babi, sementara di Korea Selatan, semua masyarakatnya mengonsumi babi tanpa ada larangan.

“Saya pikir babi itu enak banget, tapi kenapa mereka tidak makan. Jadi pengen tahu. Jadi saya belajar tentang Islam tapi sebagai budaya selama 10 tahun dan saya masuk Islam, ketika saya masih di SMA,” katanya.

Pada saat baru memeluk Islam, keluarga Ayana dan teman-temannya memang merasa syok, namun mereka menganggapnya tidak serius mendalami agama ini. “Tapi saat saya pindah ke Malaysia, mereka syok. Oh dia serius,” aku Ayana.

Hingga kini, Ayana Moon hampir menginjak 9 tahun menjadi mualaf. Saat memperingati 8 tahun menjadi mualaf, pada 29 April 2020, sempat mengenang momen-momen saat pertama kali memeluk agama Islam.

“Padsa 29 April. Sudah 8 tahun. Hari ini, 8 tahun yg lalu saya masuk Islam.” tulis Ayana Moon dalam postingan Instagramnya.

Ayana mengaku, banyak yang sudah berubah selama delapan tahun perjalanannya sebagai muslimah. Jika dulu dia sendiri, Ayana Moon kini ditemani sang adik, Aydin Moon, yang tahun lalu (2019) juga menjadi mualaf.[era]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close