SPORTS

Rekomendasi UEFA Agar Liga-liga Domestik Eropa Diselesaikan

Indonesiaplus.id – Rekomendasi kuat dari Union of European Foorball Associations (UEFA) kepada federasi sepak bola negara-negara Eropa untuk menyelesaikan liga domestik musim ini.

Sedangkan, saat pertandingan bisa dilanjutkan lagi usai terhenti akibat pandemi Covid-19. Kompetisi reguler domestik hampir semua negara di dunia dihentikan akibat pandemi dan Piala Eropa (Euro) 2020 ditunda hingga tahun depan.

Permintaan UEFA agar anggota asosiasi menyelesaikan musim kompetisi domestiknya daripada meninggalkannya. UEFA juga berharap menyelesaikan kompetisi Liga Champions dan Liga Europa.

Sebelumnya, seluruh 55 asosiasi anggota ambil bagian dalam rapat virtual dengan pejabat UEFA pada Selasa (21/4/2020). Sementara tidak ada keputusan mengenai rencana ke depan hingga pertemuan Komite Eksekutif, Kamis (23/4/2020), tidak ada tanda-tanda perubahan dari kebijakan yang bertujuan menyelesaikan musim ini.

Ada pelunakan nada atas kasus-kasus yang akhirnya mungkin musim liga dibatalkan, yang oleh UEFA dengan cepat ditentang.

“Rekomendasi kuat dari UEFA agar menyelesaikan liga-liga tingkat tertinggi dan kompetisi piala, tapi dipahami mungkin ada beberapa kasus khusus,” tulis pernyataan laman resmi UEFA.

Dengan pertimbangan tersebut, saat ini UEFA merancang panduan terkait skenario keikutsertaan di kompetisi tingkat Eropa, untuk mengakomodasi sejumlah anggota yang memutuskan untuk menghentikan liga atau piala domestiknya.

Pihak UEFA menyatakan perkembangan lebih terperinci mengenai skenario-skenario tersebut akan diumumkan setelah Rapat Eksekutif UEFA yang bakal dilangsungkan secara virtual pada Kamis.

Menanggapi langkah Belgia menyudahi kejuaraan mereka, UEFA mengatakan bahwa memperpendek musim “seharusnya benar-benar menjadi pilihan terakhir setelah mengakui bahwa tidak ada alternatif kalender yang memungkinkan untuk menamatkan musim.”

Terjadi sepakulasi bahwa UEFA tampaknya menggelar final Liga Champions dan Liga Europa pada pekan terakhir Agustus, tapi Selasa lalu mengatakan bahwa hanya “berbagai pilihan kalender disajikan untuk pertandingan kompetisi tim nasional dan klub”.[was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close