POLITICS

Webinar Salam Institut, Sandiaga Uno Capres 2024 Pilihan Emak-emak

Indonesiaplus.id – Webinar politik dan kebangsaan digelar oleh Salam Institut dengan tema ‘Menakar Elektabilitas Figur Capres 2024 Pilihan Emak-emak’.

Ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno disebut-sebut dalam diskusi yang diadakan secara daring tersebut.

Turut hadir sejumlah pembicara dalam webinar tersebut, di antaranya dari perwakilan Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) Hendri Satrio, Direktur Perludem, Titi Anggraini, dan Ketua PP Wanita PUI, Iroh Siti Zahroh.

Hendri Satrio dalam paparannya menyebut ada tiga kriteria calon presiden pilihan perempuan terutama kalangan emak-emak, yaitu merakyat, tegas, dan jujur.

“Di mata emak-emak tuh yang penting merakyat, cerdas, jujur, berdasarkan hasil survei,” tandas Henri Satrio, Rabu (15/9/2021).

Direktur Perludem Titi Anggraini menilai baha kaum perempuan seharusnya menjadi sasaran pergerakan pasangan calon (paslon). Terlebih, pemilih perempuan pada pemilu 2019 lebih banyak ketimbang laki-laki.

“Perempuan harus menjadi wilayah pergerakan paslon yang menghadirkan perempuan bukan hanya diperlukan suara, tapi menghadirkan perempuan yang terdengar masuk ke dalam visi misi yang akan paslon buat,” katanya.

Hal senada dengan Titi, Ketum PP Wanita PUI, Iroh Siti Zahroh mengatakan bahwa perempuan memiliki peranan penting pada pilpres 2024. Pasalnya, hampir 50 persen dari 270 juta rakyat Indonesia adalah kalangan emak-emak.

“Data menunjukkan generasi Z itu ada 27,95 persen. Itu juga ada perempuan, belum jadi emak-emak. Biasanya kalau dari segi umur, nah ini sebagai pemilih pemula dan kunci perempuan ini memiki kontribusi dalam pemilihan,” kata Iroh.

Iroh menjelaskan ihwal kriteria pemimpin diinginkan emak-emak, yaitu sosok pemimpin yang alim dan bisa membangkitkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), berpengalaman, hingga memiliki kapabilitas.[had]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close