POLITICS

Survei SPIN: Prabowo, Anies dan Ganjar Capres Paling Moncer Pemilu 2024

Indonesiaplus.id – Hasil survei Lembaga survei dari Survei & Polling Indonesia (SPIN) bertajuk “Elektabilitas Tokoh Pemilu 2024” menempatkan nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas.

“Prabowo juara dengan perolehan elektabilitas 21,9 persen, disusul berturut-turut Anies Baswedan 16,1 persen, Ganjar Pranowo 15,6 persen,” ujar Direktur SPIN, Igor Dirgantara saat memaparkan hasil survei pada Rabu siang (8/9/2021).

Selain melihat tingkat elektabilitas, kata Igor, sisi popularitas nama-nama tokoh yang kemungkinan bakal maju dalam Pilpres 2024, Prabowo juga dinilai lebih banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

“Sosok Prabowo masih memiliki tingkat kesukaan yang paling tinggi dibanding calon lainnya, yaitu berada di 76,6 persen responden yang suka,” katanya.

Kondisi ini bisa jadi hal ini terjadi karena ada peristiwa yang diketahui publik terkait aktivitas-aktivitas publiknya yan tersebar luas dan sangat mudah diakses oleh publik. Tidak mengheran bila Elektabilitas Prabowo berada diposisi puncak dengan perolehan sebesar 21,9 persen.

Pada urutan keempat ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 8,7 persen, disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diurutan kelim dengan 5,0 persen.

Disusul, Menparekraf Sandiaga Uno 4,9 persen, Ketua DPP PDIP Puan Maharani memeroleh sebesar 23 persen, Mensos Tri Rismaharini 1,8 persen dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1.6 persen.

“Gatot Nurmantyo 1,3 persen, Airlangga Hartarto 1,0 persen, Erick Thohir 0,9 persen, Mahfud MD 0,7 persen, dan Tito Karnavian 0,7 persen,” ujar Igor.

Survei ini digelar pada periode 7-21 Agustus 2021 dengan margin of eror 2,4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei SPIN menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1670 dari 34 provinsi di Indonesia.

Dalam survei SPIN, mayoritas masyarakat melihat kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo baik, begitu juga di dalam penanggulangan pandemi Covid-19. “Sebagian responden, agregat 46,6 persen menjawab positif kinerja pemerintah,” katanya.

Kondisi ini merupakan bentuk pencapaian sangat baik dalam konteks kinerja. Karena tanpa banyak perlu melakukan pencitraan seperti halnya pemasangan baliho, kinerja pemerintahan tetap dipandang masyarakat sangat baik.[had]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close