NATIONAL

Erupsi Gunung Sinabung, Pos Pengamatan: Luncurkan Awan Panas 1,7 Km

Indonesiaplus.id – Pada Rabu (16/2/2021) petang, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terus menunjukkan aktivitas erupsi dan meluncurkan awan panas sejauh 1,7 kilometer dari kawah gunung merapi.

Informasi Pos Pengamatan Gunung Sinabung, bahwa erupsi terjadi sekitar pukul 18.41 WIB dan luncurkan atau guguran awan panas mengarah ke timur dan tenggara gunung berapi itu.

“Terjadi guguran awan panas tercatat dengan amplitudo 45 mm dengan durasi gempa selama 236 detik,” ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra, Rabu (17/2/2021) malam.

Selain memuntahkan guguran awan panas, Gunung Sinabung terpantau mengeluarkan asap kawah berwarna putih intensitas sedang dengan tinggi kolom 1.000 meter.

“Cuaca cerah dan berawan dan angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara dan barat dengan suhu udara 24-27 derajat Celcius,” ungkap Armen.

Saat ini, Gunung Sinabung masih berada pada status level III atau siaga dan masyarakat dan wisatawan yang sedang berwisata liburan tahu baru Imlek 2021 di Kabupaten Karo untuk selalu waspada.

“Masyarakat dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, lokasi di dengan radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara,” pintanya.

Namun, jika terjadi hujan abu diimbau masyarakat memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Juga, mengamankan sarana air bersih dan membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

“Bagi masyarakat yang dekat dengan sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” pungkas Armen.[yus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close