NATIONAL

Datang Lebih Awal, Grand Syekh Al Azhar Tiba Malam Ini

Minggu, 29 April 2018

Indonesiaplus.id – Acara konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia tentang Islam Wasathiyah akan digekar di Novotel, Bogor, Selasa (1/5/2018) mendatang.

Grand Syekh Al-Azhar, Mesir, Ahmed Muhammed Ahmed Eltayyeb akan menghadiri kegiatan tersebut dan direncanakan akan datang lebih dulu ke Indonesia pada Minggu (29/4/2018) malam.

Ia tiba dengan pesawat khusus di Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 22.20 WIB. Akan disambut oleh Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Prof Din Syamsuddin.

“Iya, barusan dapat kabar lagi jadi pukul 22.20 WIB. Mudah-mudahan nggak berubah lagi ya,” ujar Staf Din Syamsuddin, Kartini, Minggu (29/4/2018).

Sebelumnya, Din Syamsuddin mengatakan di dalam KTT tersebut tokoh ulama dan cendikiawan akan membahas mengenai Islam Wasatiyyah.

Hal yang dibahas, mulai dari tataran konsepsi, implementasinya dari masa ke masa sejak zaman Nabi Muhammad, dan pengalaman Indonesia mengimplementasikan Islam Wasatiyyah, juga tantangan dan peluang Islam Wasatiyyah dalam peradaban global.

Akan dihadiri 100 tokoh, di antaranya 50 tokoh ulama dan cendekiawan dari berbagai negara, termasuk Grand Syekh Al-Azhar, Mesir, Ahmed Muhammed Ahmed Eltayyeb.

Kehadiran para ulama dan cendekiawan dunia itu dapat menjadi peluang mempromosikan konsep Islam Wasatiyyah yang berkembang di Indonesia.

“Optimistis konsep Islam Wasatiyyah ala Indonesia dapat menjadi model di dunia untuk menyelesaikan permasalahan global,” tandasnya.

Tokoh ulama dan cendekiawan yang akan hadir, di antaranya berasal dari Uni Emirat Arab, Kuwait, Lebanon, Suriah, Aljazair, Singapura, Filipina, India, Bangladesh, Cina, Australia, Prancis dan Kanada.

Kemudian dari Amerika Serikat, Brunei Darussalam, Jepang, Thailand, Malaysia, Arab Saudi, Uzbekistan, Inggris dan Rusia. Kemudian dari Iran, Timor Leste, Sri Lanka, Palestina, Italia, Bosnia-Herzegovina dan Yordania.[Sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close