HUMANITIES

Posting Gempa 8,6 SR dan Tsunami di Bengkulu, Warganet: Basarnas Bikin Senam Jantung

Indonesiaplus.id – Sejumlah warganet kaget ketika menguggah adanya gempa 8,6 SR pada Rabu (16/06/2021)yang ditayangkan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Misalnya, unggahan @sar_nasional di Instagram diawali dengan laporan mengejutkan adanya gempa bumi berkekuatan 8,6 SR. Gempa tersebut berpusat di sekitar 172 km dari bibir pantai selebar kota Bengkulu.

Dalam keterangan foto, gempa tersebut mengakibat bencana lanjutan yaitu tsunami. Imbas terjadinya tsunami tersebut berdampak pada terputusny jaringan listrik dan komunikasi di wilayah Kota Bengkulu.

Akses komunikasi yang terputus dampak dari bencana alam memaksa Basarnas Bengkulu untuk mengaktifkan sistem komunikasi daruratnya. Hal ini untuk meminta bantuan wilayah lain dalam evakuasi warga terdampak bencana alam.

Pada akhir keterangan foto tersebut, baru dijelaskan sejumlah keterangan foto dan laporan ditulis sebelumnya merupakan skenario latihan gelar komunikasi yang diselenggarakan Basarnas.

Simulasi secara aplikatif ini menyusul sudah diberikannya materi kepada para peserta untuk melakukan kegiatan simulasi tersebut.

Postingan sempat membuat beberapa warganet cemas. Hal ini lantaran mereka kerap menyimpulkan sebelum keterangan foto dibaca tuntas.

“Aduh mimin, aku senam jantung.” kat nismajirna_w. “Ya ampun. Sempat mules loh.” tulis mem_ruchyat.

“Awalya cemas.. akhinya lemas.” kata iannrahman. “budayakan membaca caption sampe beres, mimin terbaik emang.” kata kembangpanonpow.[yus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close