HUMANITIES

Lakukan Reintegrasi dan Reunfikasi, Kemensos RI Kembalikan E Pada Keluarga

Indonesiaplus.id – Kementerian Sosial RI melalui Balai Anak “Paramita” di Mataram melakukan reunfikasi dan reintegrasi Penerima Manfaat (PM) “E” kepada masyarakat.

Kegiatan difasilitasi oleh Pekerja Sosial, Mira Nitakusminar dari Balai tersebut dan berlangsung dengan lancar tanpa adanya kendala. E, seorang anak dengan klaster permasalahan anak korban kejahatan seksual oleh bapak tiri.

Dampak dari kejadian tersebut keluarga mengalami permasalahan sosial lainnya. Ibu kandung dan 4 orang anaknya termasuk E diusir dari kampung halamannya, sehingga mereka harus mengontrak sebuah rumah yang jauh dari desanya.

Sehari-hari, ibu E menjadi tulang punggung keluarga dengan menjadi buruh tembakau tetapi semenjak diusir dari desanya tidak ada lagi pekerjaan yang dapat dilakukan.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka mengandalkan pemberian dari masyarakat setempat dan anak pertamanya yang sudah menikah.

Pekerja sosial melakukan upaya persuasif kepada tokoh dan perwakilan masyarakat setempat agar anak dan bayinya dapat diterima kembali di kampungnya.

Petugas mengedukasi kepada masyarakat akan pentingnya tumbuh kembang anak di dalam keluarga. Terlebih “E” sangat ingin merawat bayinya dan didukung oleh ibu dan kakaknya.

Kepala dusun mengawal rembuk warga dengan pekerja sosial dan Kepala Balai dan diputuskan anak dan bayinya diterima kembali di kampungnya.

“Kita terima bayi ini, namanya anak kan tidak punya salah, bapaknyalah yang salah, ” ungkap kepala dusun di Lombok Timur, Rabu (25/11/2020).

Namun sebelum reunifikasi, pekerja sosial memastikan kembali kesiapan keluarga terkait kepulangan anak dan bayinya, bahkan sudah lama menantikan kepulangannya dan Keluarga besarnya siap memberikan bantuan dan membimbing penerima manfaat.

Kemudian, Mira Nitakusminar pun mengembalikan E kepada keluarga agar dapat dibantu dan dibimbing dalam pengasuhan bayinya.

“Selamat berkumpul kembali dengan keluarga, jaga baik-baik anaknya. Jangan sungkan untuk meminta bantuan keluarga apabila ada kesulitan. Mereka siap untuk membantu seperti apa yang telah dikatakan oleh keluargamu tadi ya,” pesan Mira.

Kepada E, Mira jugan berpesan agar ia tidak lupa untuk mengikutsertakan bayinya dalam pemeriksaan di posyandu agar tumbuh kembangnya dapat terkontrol dengan baik.

Sementara itu, dari pihak keluarga seperti yang disampaikan oleh Istri dari Rohman menyatakan akan membimbing E supaya bisa lebih baik lagi.

Penyerahan E kepada keluarga besarnya dimulai pukul 13.00 WITA bertempat di kediaman Ketua RT sekaligus paman E.[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close