HUMANITIES

Kementerian Sosial RI Percepat Pemberdayaan KAT-SAD Melalui Kemitraan

Indonesiaplus.id – Kementerian Sosial RI memberikan perhatian besar untuk percepatan pemberdayaan warga Komunitas Adat Terpencil (KAT), melalui partisipasi dan kemitraan bersama Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), NGO, dunia usaha serta masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan kemandirian mereka.

Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto, mengunjungi salah satu lokasi KAT – Suku Anak Dalam (SAD) di shelter bersama yang dikelola KKI-Warsi di lokasi Sungai Terap, Desa Jelutih Kec Bathin XXIV Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi.

Fungsi shelter untuk balai pertemuan warga SAD dan kegiatan belajar-mengajar dan didampingi KKI-Warsi sebagai mitra Kementerian Sosial (Kemensos) untuk kegiatan pemberdayaan. KKI-Warsi adalah Komunitas Konservasi Indonesia yang memfokuskan pada penyelamatan hutan serta pendampingan dan pemberdayaan warga SAD.

Di sekitar shelter, merupakan keseharian tempat interaski warga SAD langsung dengan mereka. Mitra Pemberdayaan KAT juga hadir di lokasi tersebut dan Kemensos bersama mitra berdiskusi terkait sinergi program pemberdayaan hingga meninjau titik koordinat calon lokasi pemasangan jaringan internet yang akan dibangun oleh Kominfo.

“Kami akan membangun fasilitas internet gratis dilokasi ini bekerjasama dengan Kominfo, sehingga mendukung kegiatan belajar-mengajar bagi anak warga SAD yang didampingi oleh KKI-Warsi,” ucap Mensos, Rabu (10/3/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Mensos menyerahkan paket bantuan sosial dan bantuan stimulan usaha. Bantuan yang diberikan berupa 100 paket bantuan penambah nutrisi anak, 4 paket sarana produksi pertanian, 150 paket bantuan beras dan 150 paket perlengkapan Keluarga bagi SAD Kab Batanghari.

Juga, sarana belajar berupa 6 unit PC dan 2 unit printer warna, 1 paket pendukung layanan Kesehatan, 1 paket sarana produksi pertanian dan 3 unit genset magnetik untuk SAD Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD) Kab Sarolangun, serta stimulan usaha ternak kambing sebanyak 45 ekor bagi SAD Dusun Pematang Kejumat dan Dusun Sukajadi Kabupaten Sarolangun.

Dengan partisipasi dan peran serta berbagai pemangku kepentingan, diharapkan dapat semakin menguatkan program Pemberdayaan KAT warga SAD.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, yaitu Anggota DPR RI Komisi VIII, Dirjen Penaganan Fakir Miskin (PFM), Dirjen Dukcapil Kemendagri, Staf Khusus Menteri Sosial, Direktur Dafduk Kemendagri, perwakilan dari Kominfo, Direktur PKAT, Kepala Biro Humas dan Kepala Biro Umum.

Termasuk, hadir pula Pjs Gubernur Jambi, Bupati Batanghari, Ketua DPRD Kab Batanghari, Kadinsos Dukcapil Prov Jambi, Kepala BRASMPK Alyatama Jambi, Kadinsos dan Kadis Dukcapil Kab Sarolangun, Kadis Sosial dan Kadis Dukcapil Kab Batanghari, KKI-Warsi, dan Kepala Balai Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD) Sarolangun.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close