HUMANITIES

Kemenkeu Bantu Modal KPM PKH Melalui Program UMi

Indonesiaplus.id – Untuk meningkatkan kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH), salah satunya melalui kerja sama dengan Kementerian Keuangan melalui program Ultra Mikro (UMi).

“Kemandirian KPM PKH tanggung jawab bersama, melalui program UMi diharapkan mereka didata agar terus mengembangkan usaha. Sehingga mempercepat proses kemandirian menuju grauasi sejahtera mandiri,” ujar Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita dalam pidatonya pada pasar rakyat “Menuju Indonesia Maju Melalui Penguatan Daya Saing Usaha” di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (30/8/2019) petang.

Saat ini, pembiayaan wirausaha KPM PKH telah mendapat bantuan UMi. Akses terhadap permodalan bagi KPM PKH yang tengah merintis usaha akan semakin terbuka.

Jumlah KPM PKH mencapai 10 juta dan Kemensos telah mendapatkan data KPM PKH yang memiliki usaha rumahan. Ke depan, dari data tersebut akan disampaikan kepada Kementerian Keuangan untuk dilakukan seleksi sebelum mendapat pendanaan UMI.

“Jumlah bantuan bagi setiap KPM Rp 10 juta. Juga, Kemensos telah melakukan berbagai upaya agar warga pra-sejahtera khususnya penerima manfaat PKH bisa keluar dari garis kemiskinan atau disebut graduasi sejahtera mandiri, ” katanya.

Dengan sinergi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan PKH, motivasi serta fasilitasi oleh SDM PKH di seluruh Indonesia. Maka, hasilnya bisa dilihat dari meningkatnya jumlah KPM PKH yang telah graduasi dari tahun ke tahun.

Pada 2017, ada 230.351 keluarga dan 2018 sebanyak 621.789 keluarga telah digraduasi. Untuk target KPM graduasi Sejahtera Mandiri pada tahun ini sebanyak 800 ribu KPM dan 1 juta KPM pada tahun 2020.

“Untuk KPM PKH yang masih dalam transisi dapat mengakses berbagai program penghidupan berkelanjutan berupa pembiayaan UMi,” katanya.

Sejak Jumat pagi, Pasar Rakyat digelar oleh Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, Kementerian Pertanian dan Kementerian Desa PDT.

Menghadirkan berbagai sentra produk unggulan nusantara, seperti sentra kopi, sentra kuliner, sentra hasil laut, sentra pangan, serta sentra kerajinan.[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close