HUMANITIES

Implementasi Tri Dharma, Poltekesos Teken MoU Dengan Bupati dan Kadinsos Kabupaten Cianjur

Indonesiaplus.id – Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung mengemban tugas menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional di bidang pekerjaan sosial dan bisa membantu memenuhi kebutuhan dan mengatasi berbagai permasalahan sosial di tengah masyarakat.

Untuk mengimplementasikan tugas tersebut, Poltekesos terus menjalin sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai Pemerintah Daerah (Pemda) maupun instansi/lembaga di bidang pelayanan kesejahteraan sosial.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemda, bahwa urusan sosial menjadi urusan wajib Pemda. Hal ini menunjukkan pelayanan kesejahteraan sosial diperlukan mulai dari tingkat Pusat hingga Daerah. Maka, kerja sama dengan Pemda untuk mewujudkan kesejahteraan sosial yang berkualitas sangat diperlukan. 

Salah satu Pemda yang menjalin kerja sama dengan Polteksos adalah Kabupaten Cianjur dan Dinas Sosial, sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menyelenggarakan urusan sosial dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan pelayanan sosial di daerah Cianjur.

Rintisan kerja sama dengan Kabupaten Cianjur dan Dinas Sosial Cianjur telah dimulai pada April 2021 yang ditandai persetujuan kerja sama dari para pihak, dengan berbagai syarat dan ketentuan yang disepakati bersama dalam bentuk Kesepahaman Bersama atau MoU.

Prosesi penandatanganan  MoU tersebut digelar pada Selasa (14/9/2021) di Pendopo Kabupaten Cianjur yang dihadiri langsung oleh Bupati dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cianjur dan Direktur Poltekesos Bandung.

“Kami berharap dengan MoU ini, Poltekesos sebagai perguruan tinggi seiring perubahan masalah sosial di masyarakat yang semakin kompleks, senantiasa melakukan kajian ilmiah berkolaborasi dengan berbagai pihak guna terus mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang pekerjaan sosial, ” harap Direktur Poltekesos Bandung, Marjuki.

Hadir di acara tersebut, Sekda, Asisten Pemda Kesejahteraan Daerah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Juga, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ketua Ikatan Alumni Poltekesos Wilayah Cianjur, Wakil Direktur II Politekesos Bandung, Kabag Umum dan Kerja Sama, serta Sub Koordinator Humas dan Kerjasama.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close