HUMANITIES

Dengan Semangat Kesetiakawanan Sosial, Karang Taruna Gerak Cepat Bantu Korban Gempa di Majene

Indonesiaplus.id – Kementerian Sosial RI bergerak cepat menyalurkan bantuan bagi korban bencana di seluruh Indonesia melibatkan pilar-pilar sosial di daerah, salah satunya dilakukan oleh Karang Taruna di Sulawesi Barat.

Respon cepat Karang Taruna (KT) dari Kabupaten Majene dan Karang Taruna Samalewu Kelurahan Lalampanua Kec. Pamboang Kabupaten Majene membantu dalam upaya penanganan terhadap korban bencana gempa di Majene.

“Kami dan beberapa pengurus Karang Taruna Kabupaten Majene terjun ke lapangan. Untuk bisa di lokasi pengungsian terjauh yang cuma bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua dan jalan kaki selama 3 jam, ” ungkap Juliasman, Ketua KT Samalewu, Kel. Lalampanua, Kec. Pamboang, Kab. Majene, Selasa (26/1/2021).

Dalam penanggulangan bencana, Karang Taruna, para relawan serta elemen lainnya berkoordinasi dengan pihak terkait. Selain bantuan logistik juga memberikan layanan psikososial dan edukasi serta mitigasi gempa terhadap masyarakat.

Tidak hanya Karang Taruna yang berdekatan dengan lokasi, namun penggalangan bantuan juga dilakukan oleh Karang Taruna dari Kabupaten Bogor dan Karang Taruna Kab. Polewali Mandar.

“Gerakan Karang Taruna juga mendapat bantuan dari Karang Taruna kabupaten tetangga. Ada juga teman Karang Taruna dari Bogor yang banyak memberi bantuan” ungkap ketua KT Teladan Nasional Tahun 2016 itu.

Karang Taruna Kabupaten Bogor mengirimkan bantuan berupa obat-obatan, madu, dan kebutuhan bayi. Sedangkan, Karang Taruna Polewali Mandar membagikan tenda terpal, sandal dan air mineral dan healing crisis bagi anak-anak dan pengungsi, serta membagikan abon ikan hasil Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Karang Taruna.

Berbekal semangat kesetiakawanan sosial, personel Karang Taruna Kabupaten Polewali Mandar bisa mencapai lokasi pengungsian di tempat yang cukup sulit dijangkau, dengan membawa dan memberikan langsung bantuan kepada para korban bencana.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close